IAIN MANADO – Bertempat di kampus (IAIN) Manado, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. Hj. Salma, M.HI, bersilaturrahim dengan orang tua mahasiswa Program S1 Angkatan 2016 dalam rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru. Hadir mendampingi Dekan, Wakil Dekan I,  Dr. H. Ahmad Rajafi, M.HI, Wakil Dekan II, Drs. Ikrar, M.HI, M.Th.I, Wakil Dekan III, Dr. Musdalifah Dachrud, M.Si, serta Sekertaris Ketua Program Studi S1 di lingkungan FUAD

Dalam pemaparannya, Dekan mengulas secara singkat sejarah FUAD, memperkenalkan wakil-wakil Dekan FUAD, serta menginformasikan jumlah staf pengajar serta kualifikasinya. Pada kesempatan ini pula, pimpinan Fakultas menyampaikan proses kegiatan pendidikan dan pengajaran di FUAD. Di samping itu,  beberapa program beasiswa diperkenalkan. Orang tua mahasiswa diberitahukan pula  berbagai masalah yang sering menghambat mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Fakultas. Oleh karena itu, pimpinan Fakultas mengharapkan peran serta orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik dan memperoleh gelar sarjana tepat waktu.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan III, Dr. Musdalifah Dachrud, M.Psi menyampaikan himbauan agar orang tua/wali mahasiswa FUAD memperhatikan putra putri mereka. Menurutnya, banyak anak baik-baik yang datang dari daerah ke tempat perkuliahan. Tetapi perilakunya berubah menjadi buruk setelah itu karena pengawasan orang tua yang minim. “Yang lebih penting itu Bapak dan Ibu, harap datang ke kos atau tempat tinggal anak Bapak dan Ibu untuk melihat di mana mereka tinggal, dan bagaimana keadaannya,” ungkap beliau.

Pada akhir paparannya, Dr. Hj. Salma, M.HI selaku Dekan memberikan beberapa tips sukses belajar di mana orang tua mahasiswa diharapkan senantiasa mengingatkan putra/putrinya agar:

  • Rajin/tekun mengikuti kuliah dan kegiatan belajar lainnya
  • Belajar mandiri sejak awal semester
  • Belajar, berdiskusi dan berpartisipasi dalam kerja kelompok
  • Jika ada kesulitan dalam belajar, bicarakan dengan teman, asisten kelas, dan dosen di kelas atau dosen wali
  • Jika ada masalah (akademik dan non-akademik), segera konsultasikan dengan dosen wali
  • Melaksanakan kegiatan co-kurikuler atau ekstra-kurikuler secara berimbang.

Pada akhir acara ini, Dekan memberi kesempatan kepada orang tua mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan terkait kegiatan belajar mengajar dan kehidupan di kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: