IAIN MANADO –  Kepesatan perkembangan teknologi pada saat ini hampir menyeluruh di semua kalangan dan semua bidang. 

Salah satu bidang yang tidak dapat terlepas dari teknologi adalah bidang pendidikan. Teknologi di bidang pendidikan dapat menjadikan pendidikan berkembang lebih maju sehingga masyarakat bisa hidup lebih nyaman dan sejahtera. 

Akan tetapi permasalahan yang sering muncul adalah bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang pendidikan yang ada. 

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin,  Adab, dan Dakwah IAIN Manado pada, (11/12/16) mencoba untuk merangcang aplikasi islami berbasis Android bertempat di Hotel Sutan Raja,  Jl. Raya Maumbi-Manado.

Firman Arden Hubolo salah satu peserta menyatakan bahwa telephone genggam atau yang biasa disebut dengan handphone merupakan salah satu perangkat teknologi yang tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Karena selain mudah didapat, telephon genggam juga mudah digunakan kapan saja, di mana saja. 

Hampir semua kalangan masyarakat pada saat ini sudah bisa mengoperasikan telephon genggam.  Banyak sekali telepon genggam yang berteknologi canggih yang beredar di pasar, mulai dari yang berbasis Java, Symbian, Blackberry, Windowsphone, Iphone dan Android. 

Maka dari itu, telephon genggam merupakan media pembelajaran yang sangat efektif bagi masyarakat saat ini. Olehnya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti ini karena ke depan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah  bisa menggunakan media pembelajaran yang memanfaatkan tekhnologi.

Dr. H. Ahmad Rajafi, M.HI menyampaikan kepada peserta bahwa ke depan mobile based-learning merupakan salah satu alternatif pengembangan media  pembelajaran.  Tetapi pengembangan aplikasi ini masih kurang begitu banyak karena keterbatasan yang ada,  seperti kinerja perangkat, layar tampilan, kapasitas penyimpanan dan catu daya.

Namun hal demikian itu sekarang sudah teratasi dengan hadirnya handphone-handphon yang berteknologi canggih atau lebih dikenal dengan smartphone. Smartphone merupakan sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti menelpon atau sms) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. 

Selain itu, suatu telephon genggam dapat dikatakan smartphone juga harus memiliki sistem operasi di dalamnya. Sistem operasi pada saat ini yang sangat popular adalah sistem operasi Android. Banyak sekali vendor atau perusahaan-perusahaan elektronik, khususnya dalam bidang telephone genggam yang membenamkan sistem Android pada produk-produk yang dikeluarkannya. Untuk itu harapan kita ke depan pembelajaran melalui media telephon genggam akan lebih mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga dapat memotivasi pengguna untuk selalu giat belajar. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan agar pengguna akan lebih terpacu dan bersemangat untuk belajar di Fakultas Ushuluddin,  Adab,  dan Dakwah,  IAIN Manado.  (thr)

%d bloggers like this: