IAIN MANADO – Bertempat di gedung Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri [IAIN] Manado bekerjasama melakukan launching e-Catalogue dengan Pemerintah Kota Manado pada kamis, (15/12/16).

Turut hadir dalam acara ini, Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si, Plt. Sekertaris Kota Manado Drs. H. Rum Usulu, dan  Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Manado beserta civitas akademika IAIN manado.

Kegiatan yang diberi tema Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi (e-library) untuk mewujudkan Manado Kota Cerdas.

Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, menyambut dengan baik kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah Kota Manado. Rektor berharap kegiatan ini senantiasa bersenergi untuk mencerdaskan masyarakat yang ada di Kota Manado. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan dalam berbagai sektor, termasuk dunia perpustakaan.

Pengembangan perpustakaan digital atau e-library bagi tenaga pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi sistem otomasi perpustakaan. Dengan demikian, proses pengelolaan perpustakaan menjadi lebih efektif dan efesien.

Pengguna perpustakaan dapat terbantu dalam mencari sumber-sumber informasi yang diinginkan dengan menggunakan catalog online yang dapat diakses melalui internet. Seseorang dapat melakukan pencarian informasi kapan pun dan di mana pun ia berada.

Sekertaris Kota Manado, H. Rum Usulu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai implementasi dari Visi Pemerintah Kota Manado untuk menuju Manado Kota Cerdas, maka  pengembangan sebuah perpustakaan dari bentuk konvensional ke bentuk digitalisasi koleksi perpustakaan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Digitalisasi sebuah dokumen dari bentuk cetak ke bentuk digital memerlukan beberapa tahap, mulai dari proses scanning, editing, dan seterusnya. Dikembangkannya perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, baik dalam sistem informasi manajemen (SIM) perpustakaan maupun digital library dapat memberikan kenyamanan kepada anggota perpustakaan dan memberikan kemudahan kepada tenaga pustakawan dan pengelola perpustakaan baik dalam layanan maupun pengelolaan.

Di samping itu, e-library dapat memudahkan penerapan strategi-strategi pengembangan perpustakaan serta dapat meningkatkan citra positif dalam memberikan layanan bagi masyarakat. Implikasi yang diharapkan, masyarakat Kota Manado ke depan semakin cerdas. (thr)

 

%d bloggers like this: