IAIN MANADO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menyelenggarakan Kuliah Umum bertema “Peran dan Fungsi Bank Indonesia dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi” dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep, definisi, istilah, kriteria dan aspek perbankan yang komprehensif tentang peran Bank Indonesia (BI) kepada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado bertempat di Aula Rektorat lt. 2 pada (23/3/17) hadir dalam kegiatan Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK Drs. H. Kudrat Dukalang, M.Pd, para Dekan, Pejabat Esalon III dan pejabat esalon IV serta ratusan mahasiswa.

Kuliah umum ini dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara penyerahan dan peresmian BI Corner oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara “Soekowardojo” dan selanjutnya diterima oleh Rektor IAIN Manado Dr. Hj. Rukmina Gonibala, MSi di saksikan oleh seluruh pejabat dan mahasiswa.

Rektor IAIN Manado dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  dan terima kasih kepada pihak Bank Indonesia yang selama ini telah bekerja sama dalam hal pembinaan kepada mahasiswa sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam bentuk bantuan Beasiswa kepada Mahasiswa yang punya prestasi khususnya Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sekaligus menghimbau kepada Mahasiswa calon sarjana untuk tidak terlalu banyak mengharap menjadi PNS tapi mari kita berharap untuk menjadi orang-orang yang bisa membuka lapangan pekerjaan menjadi pengusaha atau lainnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum, “Soekowardojo”  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, dalam pemaparannya menyatakan bahwa Bank Indonesia sebagai bank sentral mempunyai peran dalam menentukan dan memberikan arah perkembangan perbankan serta dapat melindungi masyarakat, maka Bank Indonesia mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk membina serta melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan perbankan, termasuk dalam pengembangan ekonomi.

Dalam penjelasan selanjutanya menyampaikan secara sederhana bahwa inflasi diartikan sebagai meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya. Kebalikan dari inflasi disebut deflasi.

Bank Indonesia telah merumuskan sebuah Grand Strategi Pengembangan Pasar Perbankan, sebagai strategi komprehensif pengembangan pasar yg meliputi aspek-aspek strategis, yaitu: Penetapan visi 2010 sebagai industri perbankan terkemuka di ASEAN, pembentukan citra baru perbankan syariah nasional yang bersifat inklusif dan universal, pemetaan pasar secara lebih akurat, pengembangan produk yang lebih beragam, peningkatan layanan, serta strategi komunikasi baru yang memposisikan perbankan syariah lebih dari sekedar bank.

Di akhir acara mahasiswa peserta kuliah umum menyampaikan bahwa saya ikuti tadi telah memberi pengetahuan betapa pentingnya peranan Bank Indonesia dalam usahanya melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap bank-bank di Indonesia termasuk yang berbasis syariah sehingga dampaknya terasa pada perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,” tutur Maulani S. Tumilaar salah satu mahasiswa FEBI IAIN Manado saat berbincang dengan peliput berita ini (thr)

 

 

%d bloggers like this: