UPACARA HARI AMAL BAKTI KEMENTERIAN AGAMA KE 73 TAHUN 2019

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MANADO

UPACARA HARI AMAL BAKTI KEMENTERIAN AGAMA KE 73 TAHUN 2019

IAIN Manado_Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) di halaman Gedung Rektorat IAIN Manado Kamis (3/1/2019) berjalan khidmad. Upacara dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Manado Dr. Rukmina Gonibala, M.Si selaku inspektur upacara.

Dalam sambutan tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan Rektor IAIN Manado mengatakan bahwa pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan.

Kendati Negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan Negara dan Pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara. Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti  Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Sejalandengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu “Jaga Kebersamaan Umat“, saya mengaja kseluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energy kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa, mari jaga kebersamaan, keutuhan sesame anak bangsa. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesame saudara, mari kita hindari. Mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antar sesame anak negeri

Senada dengan sambutan tertulis menteri Agama diatas, Dr. Rukmina Gonibala, M.Si juga menyatakan harapannya kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di IAIN Manado untuk selalu meningkatkan keterampilan dan kesigapan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat kampus. Ego sektoral, sektarianisme dan sejenisnya harus disingkirkan dari lingkungan kerja IAIN Manado. selain itu menutup sambutan selaku inspektur upacara Rektor IAIN Manado menegaskan kembali bahwa pentingnya kerjasama kita selaku civitas akademika IAIN Manado dalam segala hal. terutama dalam menyambut pelaksanaan Visitasi Akreditasi Institusi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.(1d1n)

id_ID
en_US id_ID