IAIN MANADO – Bertempat di Lantai 8 Rektorat Universitas Hasanuddin,

penandatanganan MoU antara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dan Universitas Hasanuddin berlangsung pada hari Rabu, 21 Maret 2018.

Acara ini berlangsung semarak karena acara penandatangan MoU dikemas secara kolektif di mana berbagai mitra Universitas Hasanuddin, dari kalangan perguruan tinggi maupun pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, turut berpartisipasi.

Di antara para pihak yang hadir menandatangani MoU dengan Unhas, IAIN Manado,

IAIN Sultan Amai Gorontalo, UIN Alauddin Makassar, STIBA, Universitas Pertahanan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Asmat, LSM Masyarakat Madani, dan STIBA.

Dalam acara ini, Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si dan Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia A. Tina Pulubuhu., MA yang merepresentasikan perguruan tinggi masing-masing menandatangani nota Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Nota MoU ini dalam pelaksanannya akan dijabarkan ke dalam kesepakatan atau perjanjian pelaksanaan secara terpisah sesuai kebutuhan dan kesepatakan kedua perguruan tinggi.

Penandatangan MoU ini dilakukan dalam kerangka rencana dan usaha IAIN Manado menerjemahkan visi Multikultural.

Visi ini mendorong IAIN Manado untuk selalu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bukan hanya dengan kalangan perguruan tinggi Islam, tetapi juga dengan para pihak yang dapat terlibat dalam kerja-kerja nyata untuk memajukan bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia A. Tina Pulubuhu., MA, menjelaskan bahwa Unhas adalah perguruan tinggi yang selalu proaktif dalam mencari mitra kerjasama sampai ke pelosok-pelosok daerah sehingga Unhas mempresentasikan diri sebagai Common University (Kampus untuk semua). Beliau juga menegaskan bahwa semua pihak dapat ikut menggunakan berbagai fasilitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ada di Unhas dalam kerangka kerja sama untuk memajukan masyarakat dan bangsa Indonesia. Yang terpenting, beliau menghimbau bahwa jangan sampai MoU hanya sekedar dokumen belaka, tidak terjabarkan ke dalam kegiatan kerjasama ril yang menguntungkan para pihak atau mitra satu sama lain.

Dalam acara penandatangan nota MoU ini, Rektor IAIN Manado didampingi oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Manado, Sulaiman Mappiasse, Lc., M.Ed., PhD. Bagi Kapus UPB, ini merupakan kunjungan kerja ke tiga kali ke Unhas dalam dua tahun terakhir.

Di samping itu, Bagian Perencanaan IAIN Manado, Djunaidi Lababa, M.Pd., dan Fachruddin Ali turut serta dalam kunjungan ini.

Pihak perencanaan IAIN Manado dilibatkan dalam perjalanan dinas ini dalam rangka melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium penelitian dan pendidikan Unhas. Kunjungan ke lab-lab ini dimaksudkan untuk mempelajari standar ideal lab guna membantu IAIN Manado mengembangkan fasilitas laboratorium terpadu yang akan dibangun tahun ini.

Sebelum menghadiri rangkaian acara penandatangan MoU, Rektor IAIN Manado bersama rombongon terlebih dahulu melakukan kunjungan silaturrahim ke Laboratorium Bahasa dan Komputer Jurusan Sastra Arab, Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Unhas.

Setelah itu, rombongan melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Penelitian Terpadu dan Laboratorium Praktikum Fakultas MIPA, Unhas.

Pembangunan lab terbapadu ini adalah bagian dari langkah IAIN Manado untuk mengembangkan beberapa mata kuliah umum dalam berbagai Program Studi yang dimilikinya.

Keberadaan Program Studi umum tersebut akan menjadi cikal bakal pengembangan Fakultas bidang ilmu-ilmu umum kontemporer di masa mendatang.

Lalu, menghadiri acara penandantanganan MoU.

Setelah acara penandanganan MoU berakhir, Rektor dan rombongan mengunjungi Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP), Unhas (http://lkpp.unhas.ac.id).

LKPP merupakan unit strategis di bidang kajian dan pengembangan pendidikan Unhas. Lembaga ini bertanggungjawab mengembangkan sistem pendidikan sesuai perkembangan dan tuntutan kemajuan serta melakukan upgrade skill bagi dosen-dosen Unhas secara berkesinambungan.

Di LKPP, Rektor IAIN Manado dan rombongan diterima langsung oleh Kepala LKPP, Prof.Dr. Elly Wahyudin, DEA.,Apt dan staf.

No announcement available or all announcement expired.