IAIN MANADO – Guna meningkatkan kualitas Sistem Informasi Akademik yang ada IAIN Manado, 6 orang staf menghadiri kegiatan Gathering SIAKAD CLOUD yang diselenggarakan oleh PT. SEVIMA di Hotel & Resort Jambuluwuk Kota Batu, Malang, Jawa Timur dari tanggal 21-23 Maret 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 25 orang peserta undangan penyelenggara.

Enam orang peserta dari IAIN Manado, meliputi Kepala Pusat Informasi dan Pangkalan Data (Pustipad), Kepala Pusat Pengembangan Bahasa, staf Bagian Akademik, dan bagian Keuangan IAIN Manado.

Kegiatan ini memperkenalkan dan mendemonstrasikan berbagai fitur produk Sistem Informasi Teknologi yang dapat meningkatkan efektivitas manajemen dan administrasi data dan informasi pendidikan tinggi kepada para peserta, seperti Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Dosen & Pegawai, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Pembelajaran Online, Sistem Keuangan, dan Sistem Penjaminan Mutu.

Sistem-sistem tersebut dikembangkan mengikuti karakter dan kebutuhan pendidikan tinggi Indonesia sesuai dengan aturan dan perundangan yang ada.

Para peserta juga diperkenalkan pada berbagai produk peraturan baru terkait dengan manajemen dan administrasi pendidikan tinggi Indonesia.

Yang paling menarik adalah sesi di mana setiap peserta dari berbagai perguruan tinggi melakukan tukar informasi dan pengalaman dalam mengimplementasikan sistem informasi, khususnya sistem informasi akademik, di kampus masing-masing.

Di sela-sela kegiatan ini, peserta dari IAIN Manado, aktif bertanya dan mencari informasi terkait dengan solusi-solusi yang memungkinkan untuk diadopsi atau diadaptasi di IAIN Manado terkait dengan berbagai persoalan dalam manajeman data dan informasi yang terjadi di IAIN Manado.

Dalam kunjungan kerja ini, Kepala Pustipad dan Kepala Pengembangan Bahasa, menyempatkan diri juga untuk bertemu secara langsung dengan Manajer Akuntan Sisco untuk Indonesia bagian Timur, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan pengadaan infrastruktur IT.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk mencari informasi format desain infrastruktur IT yang cocok untuk dikembangkan di IAIN Manado di masa-masa mendatang.

%d bloggers like this: