IAIN MANADO_Salah satu prinsip pengembangan sebuah perguruan tinggi untuk bersaing dalam dunia pendidikan saat ini adalah tingkat pengukuran kepuasan pelanggan / mahasiswa wajib dilakukan sebagai umpan balik dari terhadap sistem yang diterapkan. hal Ini berarti bahwa keberhasilan sebuah lembaga sangat ditentukan oleh mutu layanan yang diberikan. Pelayanan yang bermutu dapat diidentifikasikan melalui kepuasan pelanggan. Sebagai lembaga pendidikan maka proses akademik merupakan proses inti, oleh karena itu pengukuran kepuasan pelanggan / mahasiswa yang dilakukan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Manado terhadap tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi Akademik Biro AUAK IAIN Manado, menunjukan bahwa pada proses ini wajib dilakukan secara periodik guna menghasilkan lulusan yang diukur secara akademik, yang mengarah pada suatu bentuk kualitas pendidikan secara menyeluruh (Total Quality Education) yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Dengan demkian survey LPM terhadap kepuasan Mahasiswa IAIN Manado pada Tahun 2017 dengan sampel 500 orang Mahasiswa dari berbagai jurusan / fakultas menunjukan peningkatan yang bervariasi dilihat dari berbagai bidang pelayanan yang ada. misalnya Layanan kesehatan, Beasiswa, pengembangan soft skill, minat dan bakat serta bimbingan konseling_1d1n

%d bloggers like this: