Akreditasi Institut Perguruan Tinggi (AIPT) : Penentu Masa Depan IAIN Manado

Akreditasi Institut Perguruan Tinggi (AIPT) : Penentu Masa Depan IAIN Manado

IAIN Manado, ICNewsPelaksanaan Akreditasi Institut Perguruan Tinggi  oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di selenggarakan di Perpustakaan Lt.3 IAIN Manado dari tanggal 17 – 19 Februari 2019, kegiatan tersebut di hadiri oleh semua Civitas Akademika IAIN Manado, mulai dari Rektor, Wakil Rektor I, II, dan III, Kepala Birokrasi Kabag Umum sampai di kalangan Fakultas-fakultas. Akreditasi Institut ini di hadiri oleh Tim Asessor  yang di beri tugas oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT), Senin (18/02/19).



Akreditasi Institut Perguruan Tinggi (AIPT), merupakan kegiatan yang di laksanakan oleh suatu Institusi dalam hal ini IAIN Manado dalam mengembangkan mutu dan kwalitas Perguruan Tinggi. Penyampaian tentang data-data, sampai prestasi yang di lakukan guna mendapatkan nilai dari para Asesmen Lapangan yang di tugaskan. Ada 4 Asesmen Lapangan yang di tugaskan oleh BAN-PT untuk Menjadi Tim Asessor Akreditasi Perguruan Tinggi di antaranya; Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag (UIN Alauddin Makassar), Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd (Universitas Negeri Yogyakarta), Suparto, S.Ag, M.Ag, Ph.D (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Akhmad Rifai, M. Phil (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Menurut Ketua Panitia Tim AIPT IAIN Manado, Dr. Husni Idris, M.Pd menyampaikan “ Penyusunan Borang Akreditasi Intitut Perguruan Tinggi IAIN Manado sudah di mulai dari awal tahun 2018 hingga sampai sekarang , dari segala jenis upaya untuk menyiapkan data-data hingga berkas yang lama di rangkum dan di susun di dalam 7 standar akreditas, sampai menyisipkan waktu untuk agenda belajar selaku dosen tertendik, tapi tidak melunturkan semangat dari teman-teman Tim Akreditasi. Semoga dari segala usaha dan upaya yang sudah di lakukan menjadi satu harapan IAIN Manado mendapatkan nilai yang baik serta bagus dari hasil Akreditasi Intitut Perguruan Tinggi Hari ini, dan juga kesalahan-kesalahan yang ada dapat di perbaiki secepatnya dengan jangka waktu yang  akan di tentukan”.

Dari Hasil Wawancara LPM Suam kepada  Dr. Akhmad Rifai, M. Phil selaku salah satu Asessor  menyampaikan “Mahasiswa Bagus dan penuh semangat, akan tetapi juga ada hal yang harus di catat bahwa mahasiswa pingin kuliah harus cepat selesai , tapi yang di sayangkan sistem di sini masih dalam bentuk paket belum SKS. Sebab kalau paket itu kadang-kadang menghambat mahasiswa, kalau SKS mana yang cepat itu selesai tidak harus 8 semester. Kepada para Dosen jangan pelit-pelit memberi IPK kepada para mahasiswa karena akan mempersulit mereka, Sistem IT lebih di tingkatkan terutama di perpustakaan Alfamart saja bisa mengetahui barang yang masuk dan keluar tapi IAIN tidak dan Suasana Kampus itu harus bagus, taman-taman di penuhi oleh mahasasiswa yang bisa langsung terakses dengan fasilitas wifi dan sebagainya, wifi itu bukan hanya di ruangan tertutup tapi di taman-taman juga harus ada.Termasuk juga parkir mobil harus sesuai pada tempatnya. Sungguh saya puas dengan jawaban para mahasiswa, mereka jujur dan apa adanya”.

Pelaksanaan AIPT ini akan berlangsung sampai besok hari dan menjadi harapan kedepan semoga IAIN Manado dapat meraih hasil sehingga status atau pun akreditas IAIN Manado dari awalnya C menjadi B. Kepada suluruh Keluarga besar, mulai dari mahasiswa, alumni dan yang lainya mohon do’a dan dukungannya agar Kampus yang kita cintai ini akan menjadi lebih baik dan mampu bersaing  di kanca Nasional maupun Internasional kedepannya. (LPM SUAM: Ishal, Adinda, Yuni)

id_ID
en_US id_ID