Kontingen IAIN Manado Optimis Menang pada Pekan Konstitusi MPR Tahun 2019

Kontingen IAIN Manado Optimis Menang pada Pekan Konstitusi MPR Tahun 2019

IAIN Manado, ICNewsInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menjadi salah satu peserta pada ajang kegiatan Pekan Konstitusi MPR–RI Tahun 2019 yang di laksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) yang berlangsung pada 26 – 30 Agustus 2019. IAIN Manado beroptimis menang . Sabtu, (24/08/19)



Kontingen IAIN Manado sebelum masuk ke babak final mengikuti perlombaan sebelumnya di tingkat regional/wilayah yang di selenggarakan di Provinsi Gorontalo April kemarin. Dalam perlombaan tersebut IAIN Manado mampu mengalahkan beberapa Universitas yang di pandang mempunyai rating prestasi yang bagus. Dengan usaha yang maksimal dan ketekunan IAIN Manado berhasil lolos ke babak final yang di laksanakan di Jakarta.

Kontingen IAIN Manado terdiri dari 3 orang Mahasiswa Stara 1 (S1) yang di damping oleh satu orang Pembina yaitu, Anisa Jihan Tumiwa, Deden Afandi, Abdurahman dan Rizaldy Pedju, SH., MH selaku Dosen Pembina. “……kami merasa bahwa kami bisa dengan usaha dan ketekunan serta konsisten dalam menatap kedepan sehingga kami dapat meraih kemenangan di ajang Pekan Konstitusi MPR-RI Tahun 2019 ini, kami juga memohon do’a dan dukungan dari seluruh Civitas Akademik IAIN Manado mulai dari unsur Dosen, Pegamai dan Mahasiswa”. Ujara Jihan, salah satu peserta Kontingen IAIN Manado.

Rangkaian kegiatan Pekan Konstitusi MPR adalah Lomba Debat Konstitusi, Academic Constitutional Drafting, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Sistem Ketatanegaraan. Pembukaan Pekan Konstitusi MPR diikuti mahasiswa yang menjadi finalis ketiga lomba itu. (Kutipan:Tempo.co)

Pekan Konstitusi berlangsung dari 24 hingga 30 Agustus 2019. Untuk Lomba Debat Konstitusi diikuti 20 perguruan tinggi dari 20 provinsi salah satunya IAIN Manado Lomba Academic Constitutional Drafting diikuti enam perguruan tinggi, yaitu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Diponegoro, Universitas Pelita Harapan, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Indonesia (Tim B). Untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Ketatanegaraan diikuti 10 finalis. (Kutipan:Tempo.co)

Format kompetisi dibagi 4 babak yakni Babak Penyisihan dengan 10 lomba yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus, Babak Perempat Final dengan 6 lomba pada 27 Agustus, Babak Semifinal dengan 2 lomba dan Final Juara III pada 28 Agustus dan terakhir Babak Final pada 28 Agustus 2019. Penutupan Pekan Konstitusi dan pembagian hadiah akan dilakukan pada 29 Agustus 2019 (Kutipan:Tempo.co)

Sekretaris Jenderal MPR , Ma’ruf Cahyono, membuka secara resmi Pekan Konstitusi MPR di Hotel Santika, Jakarta, Sabtu malam dan berharap kegiatan dalam rangkaian Pekan Konstitusi MPR bisa menumbuhkan kesadaran berkonstitusi pada generasi muda. (Kutipan:Tempo.co)

“..Rangkaian kegiatan ketiga lomba itu tidak hanya membuat generasi muda kritis terhadap suatu tatanan negara yang ada, konstitusi yang ada dan pelaksanaannya, tapi paling tidak muncul suatu kesadaran berkonstitusi pada generasi muda,” Ujarnya. (Kutipan:Tempo.co)

Harapan semoga IAIN Manado menjadi Juara pada ajang Pekan Konstitusi MPR-RI Tahun 2019 sehingga menjadi salah satu tolak ukur bahwa mahasiswa-mahasiswa dari timur tidak kalah bersaing di kanca Nasional. (LPM SUAM: Ishal)

id_ID
en_US id_ID