IAIN MANADO – Bertempat di Hotel

Peninsula Manado, hari Senin 15 Oktober 2018, Rektor IAIN Manado membuka acara Kegiatan Penyusunan Pagu Anggaran 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh para Dekan dan Wakil Dekan II bidang administrasi umum, keuangan dan perencanaan serta para kepala lembaga dan unit.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si, menekankan pentingnya penyusunan anggaran dan program yang berkualitas. Beliau juga mengingatkan para peserta penyusunan anggaran untuk memperhatikan relevansi program kegiatan di unit kerja masing-masing dengan standar akreditasi, baik pada tingkat program studi maupun pada tingkat institusi.

Dalam acara pembukaan ini, Rektor IAIN Manado, didampingi langsung oleh Warek II IAIN Manado, Sulaiman Mappiasse, Lc., M.Ed., Ph.D dan Kabiro Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Drs. H. Suleman Awad, M.Pd.

Dalam sambutannya, Warek II IAIN Manado, menegaskan bahwa kinerja yang baik tidak terlepas dari sebuah sistem perencanaan dan penganggaran yang baik. Sementara itu, program yang baik dalam sebuah perguruan tinggi adalah program yang secara langsung mendukung pelaksanaan Tri Dharma pendidikan tinggi yang terjabarkan dalam bentuk standar-standar akreditasi dan visi misi institusi. Karena itu, semua usulan program kerja akan dievaluasi berdasarkan bobot relevansinya dengan ketiga hal tersebut.

Dalam hal senada, Kabiro menjelaskan rangkaian normatif kegiatan; dari penyusunan kegiatan, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan. Beliau mengingatkan bahwa kita sering berjalan lancar dalam proses pelaksanaan, tetapi terkendala dalam penyelesaian laporan kegiatan dan keuangan. Idealnya, menurut beliau, laporan itu harus masuk maksimal dua minggu setelah pelaksanaan.

Beliau menyoroti juga revisi anggaran yang terkadang berlebihan. Menurutnya, revisi anggaran yang ideal maksimal lima kali dalam setahun.

Beliau selanjutnya menyoroti perlunya dilakukan kegiatan bedah visi misi IAIN Manado sebagai bagian dari evaluasi program. (reportase)

*** Pengumuman Penjaringan Bakal Calon Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Periode 2019-2023 ***
%d bloggers like this: