IAIN MANADO – Bertempat di gedung Aula IAIN Manado, Rabu 24/10/2018, 13.00-15.30, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Sulaiman Mappiasse, Lc., M.Ed., Ph.D dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Evra Willya, M.Hi, didampingi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FTIK, Drs. Rizal Arsyad, M.Pd melakukan Focused Group Discussion (FGD) dengan para pengurus organisasi kemahasiswaan tentang penataan penggunaan ruang untuk organisasi kemahasiswaan.

Dalam sambutannya, Warek II menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini merupakan bagian dari usaha dan rencana penataan aset dan barang negara.

Beliau menegaskan bahwa salah satu langkah penting yang akan diambil untuk menata penggunaan aset dan barang negara adalah menjadikan pintu akses kampus bagi seluruh civitas akademika dan publik satu, yaitu pintu dari arah ring road.

Beliau menegaskan, segala perubahan berisiko resistensi sebab perubahan selalu membuat orang merasa tidak nyaman karena harus meninggalkan zona nyaman alias comfort zone. Tetapi kebijakan satu pintu itu harus dilakukan demi kebaikan bersama. Kebijakan satu pintu ini akan diikuti dengan kebijakan turunan, yaitu penataan tempat parkir dan optimalisasi satuan pengamanan (security) dan keindahan serta kenyamanan di lingkungan kampus.

Di sisi lain, Warek III mengingatkan bahwa FGD seperti ini sudah biasa dilakukan, tetapi output-nya tidak nampak alias gagal.

Wadek III FTIK menekankan bahwa penataan ruang dan gedung harus dilaksanakan dalam rangka memperihatkan ke publik bahwa kita adalah bagian dari budaya Islam.

Setelah sambutan, mahasiswa diberi kesempatan untuk bicara. Adapun isu yang diungkapkan oleh sebagian besar dari 10 orang penanya atau komentator: dana kegiatan mahasiswa yang kurang, penempatan orang di ruangan harus melalui siapa, sarana dan prasarana yang usang dan tua, dan fungsi tenaga keamanan harus dimaksimalkan.

Diakhir FGD, peserta menyepakati penyusunan draf proposal penataan ruang organisasi oleh masing-masing ormawa dalam waktu 1-2 minggu ke depan untuk di-FGD-kan lagi. (Reportase)

*** Pengumuman Penjaringan Bakal Calon Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Periode 2019-2023 ***
%d bloggers like this: