UPT PERPUSTAKAAN IAIN MANADO GELAR RAPAT KOORDINASI TAHUN 2021

UPT PERPUSTAKAAN IAIN MANADO GELAR RAPAT KOORDINASI TAHUN 2021

iainmanado.official – (08/02/2021). Unit Pelaksana Teknis  Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri IAIN Manado menggelar rapat koordinasi Tahun 2021 dengan tema kegiatan “Kebijakan Perencanaan Program Pengembangan Perpustakaan Tahun 2021 Melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” dan Sub Tema “Penguatan Pengembangan Gerakan Mahasiswa Minat Baca di IAIN Manado

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari tanggung jawab dan wewenang Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAIN Manado dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca Mahasiswa secara daring maupun off line. Dalam rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan Dr. Nenden Herawati Soleman, M.H, dan di hadiri oleh seluruh Pegawai yang ada di Perpustakaan. Dalam arahannya disampaikan usulan sasaran pokok/strategis Rencana kerja dan pelayanan dimasa pandemi covid-19 Tahun 2021, antara lain Mendorong Penguatan Kelembagaan, Pengembangan Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia untuk memberikan layanan, Peningkatan Sarana Gedung dan Perlengkapan Ruang Layanan, Peningkatan Koleksi Online dan Konvensional serta pengaturan tata letak koleksi perpustakaan.

Dalam rapat juga dipaparkan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan perpustakaan antara lain kurangnya data dukungan perpustakaan, masih ada koleksi  yang belum terdata, kurangnya kualitas dan kuantitas tenaga pengelola perpustakaan, belum maksimalnya keberpihakan pemangku kepentingan terhadap perpustakaan, terbatasnya anggaran untuk operasional, jumlah bahan bacaan yang masih minim, sarana dan prasaran yang masih kurang, serta masih rendah minat baca mahasiswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut disampaikan beberapa solusi, yaitu memperkuat struktur kelembagaan perpustakaan dengan pembuatan sturktur kerja yang berorientasi pada sasaran pengembangan, perlu adanya pengembangan koleksi, perlu update data dan pelaporan, peningkatan Sumber Daya Manusia secara kulitas dan kuantitas, peningkatan kualitas layanan. perlu adanya sinergitas program perpustakaan dan fakultas, perlu adanya komitmen bersama bahwa keberadaan perpustakaan itu penting.(thr)

id_ID
en_US id_ID