rektor-inspektur-upacara

IAIN MANADO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melaksanakan upacara Hari Amal Bakti ke-71 Kementerian Agama RI di halaman gedung Rektorat, Selasa (3/1/17).

Hadir dalam upacara  hari Amal Bakti tersebut Kepala Biro AUAK, Drs. H. Kudrat Dukalan, M.Pd, Wakil Rektor, Para Dekan dan Wakil dekan, pejabat Esalon III dan IV  civitas akademika, serta pengurus Lembaga Mahasiswa IAIN Manado.

Amanat Menteri Agama disampaikan oleh Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, MSi, dengan tema, “Bersih Melayani” dan motto “Lebih Dekat Melayani Umat”. Menteri Agama berharap dengan peringatan HAB ini, kita semakin memperkuat komitmen pada integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

Beberapa prestasi yang menjadi nilai positif kinerja Kementerian Agama, di antaranya indeks kepuasan jemaah haji yang terus naik, indeks kerukunan umat beragama yang tetap tinggi, dan indeks reformasi birokrasi naik dari peringkat C menjadi B yang berimplikasi pada naiknya tunjangan kinerja dari 40 menjadi 60 persen. Selain itu, sejumlah penghargaan juga telah diraih Kementerian Agama, seperti penghargaan dari Presiden sebagai Penyedia Layanan BLU dengan Akses Terjangkau, dan Penghargaan dari Kemenkeu sebagai Kementerian dengan Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar dalam APBN.

Walaupun masih dalam bertanda kuning dalam hal pemenuhan standar layanan publik, dan juga turun predikat dari WTP menjadi WDP dalam audit keuangan oleh BPK. Serta masih adanya keluhan-keluhan publik yang belum terselesaikan secara tuntas, Menteri Agama berharap agar Kementerian Agama dapat konsisten dengan kinerja positif dan tetap mempertahankan pelayanan dengan baik.

Dalam upacara HAB ke-71 ini, Rektor berharap dengan beralihnya STAIN menjadi IAIN, peningkatan kinerja dan pelayanan juga harus kita tingkatkan, terutama pada seluruh Fakultas yang Prodinya masih terakreditasi C. Kita harus berusaha meningkatkannya menjadi A atau minimal B. (thr)

%d bloggers like this: