REKTOR DAN WAKIL REKTOR 1 DILANTIK STRUKTUR FKPT SULUT

Iainmanado.official-sabtu (12/02/2022). Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) merupakan mitra dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). FKPT melaksanakan Rakernas di Kota Batu, Malang secara hybrid di 3 Hotel pada 14/02/2022 yang dihadiri 34 FKPT se-Indonesia. Rakernas FKPT buka langsung oleh Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, MH. Dalam kepala BNPT  menyampaikan bahwa telah…

By.

min read

Iainmanado.official-sabtu (12/02/2022). Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) merupakan mitra dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). FKPT melaksanakan Rakernas di Kota Batu, Malang secara hybrid di 3 Hotel pada 14/02/2022 yang dihadiri 34 FKPT se-Indonesia. Rakernas FKPT buka langsung oleh Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, MH. Dalam kepala BNPT  menyampaikan bahwa telah terbentuk dua FKPT baru yakni, FKPT Provinsi Papua dan Papua Barat. “Ini berarti FKPT sudah hadir lengkap di 34 provinsi. Kita tahu bahwa terorisme kejahatan yang melawan nilai-nilai kemanusian, kejahatan yang merendahkan martabat manusia, bertentangan nilai agama dan nilai luhur agama. Maka tidak ada tempat bagi teroris untuk melakukan kekerasan ekstrem terhadap sesama warga negara maupun terhadap negara,” ujar Kepala BNPT RI.

Kegiatan Rakernas juga mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dalam hal pencegahan tumbuh dan berkembangnya radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme. “Kami merasa terhormat kota Wisata Batu dipilih untuk terselenggaranya kegiatan ini. Acara ini kami yakini dengan ketatnya protokol kesehatan, semoga tetap sehat dan menghasilkan rekomendasi yang kongkrit untuk pencegahan dan penanggulangan terorisme,” tutur Emil Dardak.

Momentum Rakernas FKPT sekaligus melantik struktur kepengurusan wilayah. Khusus FKPT Sulut husus FKPT Sulut yang ikut dilantik antara lain; Max Togas SH (Ketua FKPT Sulut), dr Makmun Djaafara (Sekretaris), Drs Denny D Rantung (Bendahara), Kabid Penelitian (Delmus Puneri Salim, Ph.D), Dr. Ahmad Rajafi (Kabid Agama, Sosial dan Budaya), Ridwan Hidayat (Kabid Pemuda dan Pendidikan), Merry Umboh, S.Pd (Kabid Perempuan dan Anak), Aswin Lumintang, S.Sos (Kabid Media Massa, Hukum dan Humas). Personel ini dilengkapi tiga orang Satgas yakni; Emro P Najoan, Amelia Diana Sondakh dan Manuel Markus Tommy Saune.

Adapun misi kerja FKPT Sulut adalah “bergerak bersama menghalau virus terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Prov. Sulawesi Utara”. Dari struktur kepengurusan FKPT Sulut tahun ini, dua di antaranya dari akademisi IAIN Manado yakni Delmus P. Salim yang merupakan Rektor IAIN Manado dan Ahmad Rajafi sebagai Wakil Rektor I IAIN Manado. Baik Delmus dan Rajafi dipercaya untuk bisa mengisi posisi bidang FKPT Sulut yang ditinjau dari spesifikasi ilmuan atau rumpun ilmu (akademik). Delmus P. Salim dengan background keilmuan sosiologi diamanahkan sebagai Ketua Bidang Penelitian sedangkan Ahmad Rajafi dengan bagroung keilmuan Hukum Islam diamanahkan sebagai Ketua Bidang Agama, Sosial, dan Budaya. (Adm/AA)

Tinggalkan Balasan