PELANTIKAN FAKULTAS ORMAWA FTIK, DARI SWADAYA HINGGA APRESIASI WR III

Iainmanado.official-jumat (04/03/2022). Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FTIK, Jum`at, 04/03/2022 bertempat di aula Gedung terpadu melaksanakan pelantikan Senat, Dema, dan HMPS di lingkungan FTIK IAIN Manado. Hadir dalam suasana pelantikan di antaranya Pihak Dekanat, Pimpinan Program Studi, dan perwakilan dosen. Dari empat fakultas yang ada di IAIN Manado, FTIK yang pertama kali “tancap gas” bersegera diri untuk…

By.

min read

Iainmanado.official-jumat (04/03/2022). Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FTIK, Jum`at, 04/03/2022 bertempat di aula Gedung terpadu melaksanakan pelantikan Senat, Dema, dan HMPS di lingkungan FTIK IAIN Manado. Hadir dalam suasana pelantikan di antaranya Pihak Dekanat, Pimpinan Program Studi, dan perwakilan dosen. Dari empat fakultas yang ada di IAIN Manado, FTIK yang pertama kali “tancap gas” bersegera diri untuk melaksanakan pelantikan. Wakil Dekan III, Feibi Ismail dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini merupakan desakan dari pimpinan ormawa, di mana para pimpinan ormawa ingin segera melaksanakan rancangan program kerja dan segera beraktifitas. “Saya diminta mahasiswa agar pelantikan ini segera dilaksanakan dan untuk pelaksanaan kegiatan ini merupakan swadaya bersama. Calon pimpinan ormawa datang ke dosen-dosen FTIK untuk meminta donatur demi pelaksanaan kegiatan ini”, ujar Febi.

Hal ini juga diperkuat dalam sambutan Dekan FTIK, Adrianto bahwasanya mahasiswa FTIK banyak melakukan terobosan demi tersuksesnya kegiatan pelantikan ini. Berangkat dari jualan jajanan hingga “ngamen” di warung kopi demi mendapatkan tambahan biaya. Dekan FTIK memberikan penjelasan calon pimpinan ormawa yang akan dilantik baik Senat, Dema hingga HMPS bahwasanya konsep pembiayaan atau anggaran manajemennya di tingkat Institut dan berharap ke depannya bisa diserahkan ke masing-masing fakultas dan pihak rektorat (maksud: WR III) sebagai bentuk kontrol atau pengawasan. “Mengkonsolidasi man dan money upaya penting, itulah yang saya lihat saat nongkrong, ada mahasiswa yang lagi ngamen dan ternyata itu mahasiswa FTIK. Hal ini tentu Langkah awal positif sebagai naluri wirausaha dan kedepannya bisa ada yang lebih kreati lagi” ujar Dekan FTIK. Saya berharap pasca dilantik sebagai pimpinan ormawa kedepannya bisa bersinergi dengan pihak dekanat demi memajukan FTIK. Karena peran mahasiswa lewat pimpinan ormawa dengan melaksanakan kegiatan positif merupakan salah satu point penting khususnya dalam akreditasi fakultas” Ujar Dekan FTIK. Adrianto juga menitip pesan ke WR III selaku yang mewakili Rektor agar pendanaan di FTIK bisa ditambahkan. “FTIK banyak menyumbangkan peran untuk IAIN, baik dari jumlah mahasiswa dan aktifikan kegiatan, maka sewajarnya FTIK mendapatkan sedikit priorotas dalam pendanaan” Ujar Adrianto.

Wakil Rektor III, Musdalifah mengapresiasi bahkan bangga pelantikan FTIK. FTIK mengambil Langkah cepat dalam prosesi pelantikan ini dibanding tiga fakultas lainnya, walaupun pihak rektorat mencoba mengagendakan pelantikan terpadu ormawa baik universitas maupun fakultas. “Konsep Pelantikan awalnya kami, pihak rektorat mengagendakan secara terpadu, tapi setelah diskusi dengan rektor dengan beberapa pertimbangan, sebaiknya dilaksanakan secara sendiri” ujar Musdalifah. Setidaknya ada dua alasan, pertama, konsentrasi masa terlebih di masa pandemik dan kedua, adanya persaingan positif dan bisa terlihat mahasiswa mampu menduduki posisi parlemen mahasiswa dan merebut kepemimpinan ormawa, dan pelantikan sebagai dasar awal dari kepedulian sebuah organisasi karena berkeinginan untuk segera melaksanakan program kerja” ujar Musdalifah.

Pelantikan Ormawa FTIK tentu bisa dijadikan langkah awal dalam mewujudkan eksistensi dari peran mahasiswa. Mengambil pelajaran penting baik positif dan negatif dari periode sebelumnya untuk bisa melangkah ke depannya. “Contohlah hal-hal yang baik, kuatkan FTIK dengan mengemban amanah dan bisa bersinergi antara satu dengan lainnya” tutup Musdalifah. Kegiatan juga diisi dengan selingan pentas seni tari dari komuntas mahasiswa FTIK dan diakhiri sesi foto bersama masing-masing Ormawa, baik SEMA, DEMA dan HMPS dengan Wakil Rektor III, unsur Dekanat serta Dosen FTIK.

Tinggalkan Balasan