ITJEN KEMENAG RI AUDIT PNBP TAHUN ANGGARAN 2021 DI IAIN MANADO

Iainmanado.official-Senin (25/07/2022). IAIN Manado kedatangan tamu dari Inspektorat Jendral Kemenag RI dalam rangka Pelaksanaan Audit Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun anggaran 2021. Kedatangan ITJEN merupakan kedatangan yang diagendakan setiap tahunnya dalam rangka proses pertanggung jawaban penggunaan anggaran di lingkungan IAIN Manado. Hal ini tentunya dalam rangka peningkatan mutu hingga transparansi penggunaan anggaran yang dibuktikan…

By.

min read

Iainmanado.official-Senin (25/07/2022). IAIN Manado kedatangan tamu dari Inspektorat Jendral Kemenag RI dalam rangka Pelaksanaan Audit Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun anggaran 2021. Kedatangan ITJEN merupakan kedatangan yang diagendakan setiap tahunnya dalam rangka proses pertanggung jawaban penggunaan anggaran di lingkungan IAIN Manado. Hal ini tentunya dalam rangka peningkatan mutu hingga transparansi penggunaan anggaran yang dibuktikan dengan laporan pertanggung jawaban di setiap unit.


Rektor IAIN Manado, Delmus P. Salim dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwasanya kedatangan ITJEN tentu membangun budaya positif dalam rangka memberikan nilai kerja internal mutu IAIN Manado. “Baiknya dalam pengelolaan khususnya evaluasi keuangan tidak harus menunggu tim audit (auditor) datang ke kampus tetapi setiap penggunaan anggaran secepatnya harus sudah ada laporan. Jadi ketika auditor datang tinggal proses diperiksa dan di evaluasi bersama. Selain itu juga hadirnya tim audit tentu sebagai perbaikan kualitas baik dari segi laporan hingga bisa mengupdate aturan-aturan baru jika ada untuk bisa diterapkan di IAIN Manado” Ujar Rektor IAIN Manado.


Feriantin Erlina Indrawati sebagai Ketua TIM Audit PNBP menyampaikan bahwasanya kedatangan tim Audit kurang lebih 7 hari dengan waktu efektifnya hanya 5 di lapangan. “Beberapa hal yang ingin kami coba evaluasi bersama dengan IAIN Manado seputar SOP PNBP baik penerimaan dan penyetoran, hingga laporan pertanggung jawaban penggunaan dana PNBP dan sharing bersama peraturanya yang terkait PNBP PTKN” Ujar Feriantin.

Hal lain juga dipertegas sama Luli Achriani sebagai Pengedali Teknis Tim Audit bahwasanya kedatangan Tim sebagai teman sharing dan pendampingan selama dalam proses evaluasi. “Kami datang kesini (IAN Manado) hanya ingin memastikan apakah pelaksanaan PNBP ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku hingga perhitungan sudah sesuai atau tidak. Hal-hal yang kami lakukan nantinya adalah pembacaan potensi, perencanaan, realisasi hingga laporan dari penggunaan dana PNBP sudah sesuai dengan aturan-aturan yang ada dan marilah kedatangan kami sebagai teman sharing serta pendampingan agar terkesan selama kami disini bisa lebih enjoy.” Ujar Luli.
Adapun secara detail pelaksanaan Audit PNBP oleh Inpektorat Jenderal Kemenag RI di lingkungan IAIN Manado tahun 2022 di antaranya :
1. SOP terkait penerimaan dan penyetoran PNBP
2. SOP PNBP diluar UKT
3. SOP Pertanggungjawaban Pengelolaan PNBP pada PTKN
4. Bukti penyertoran dan penerimaan PNBP UKT dari bank persepsi
5. UKT Mahasiswa Tahun 2021 (Januari – Desember)
6. Target penerimaan PNBP dari UKT
7. Rencana penggunaan PNBP dan Ril Penggunaannya
8. Target PNBP diluar UKT dan Riil pendapatannya
9. Dokumen PNBP diluar UKT dan bukti setornya
10. Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana PNBP PTKN
11. Peraturan-peraturan terkait PNBP PTKN

Hadir dalam sesi pembukaan sekaligus Briefing ITJEN di antaranya Rektor, Wakil Rektor II, Kepala Biro AUAK, Dekan FTIK, Dekan FEBI, DEKAN FUAD, Wakil Dekan I FASYA, Ketua LPM, Ketua LP2M, Kepala Unit Bahasa, Perwakilan Perpustakaan, Ketua Ma`had, Kabag Akademik, Tim Keuangan dan Perencanaan, dan Humas. Sedangkan berdasarkan surat tugas Kementerian Agama Inpektorat Jendral untuk Audit PNBP terdiri dari 5 orang dengan masa tugas dari tanggal 23 Juli hingga 03 Agustus (pelaksaan 7 hari dan 2 hari pelaporan). (Admin)

Tinggalkan Balasan