,

REKTOR MENUTUP KEGIATAN PBAK TAHUN 2022: KEMERIAHAN DI TENGAH KEGELAPAN

Iainmanado.official-Sabtu (20/08/2022). Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswan yang berlangsung sejak Sabtu, 20/08/2022 ditandai dengan jalan sehat kemerdekaan (lihat link) dan serangkaian materi hingga pengenalan lapangan kampus Senin-Rabu 20 -24/08/2022, kini di puncak kegiatannya pada Rabu Malam, 28/08/2022 di halaman Utama IAIN Manado (depan Gedung Perpustakaan dan sekitarnya). Kegiatan puncak PBAK dimulai pukul 19.30 dengan…

By.

min read

Iainmanado.official-Sabtu (20/08/2022). Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswan yang berlangsung sejak Sabtu, 20/08/2022 ditandai dengan jalan sehat kemerdekaan (lihat link) dan serangkaian materi hingga pengenalan lapangan kampus Senin-Rabu 20 -24/08/2022, kini di puncak kegiatannya pada Rabu Malam, 28/08/2022 di halaman Utama IAIN Manado (depan Gedung Perpustakaan dan sekitarnya). Kegiatan puncak PBAK dimulai pukul 19.30 dengan menghadirkan sivitas akademika, mahasiswa lama dan beberapa orang tua dari mahasiswa baru ikut menyaksikan. Kemeriahan kegiatan penutupan PBAK IAIN Manado tahun 2022 dalam beberapa kesan pengunjung gelap yang dinuansakan sorotan lampu led warna-warni dari panggung utama ke audience.

Rektor IAIN Manado, Delmus P. Salim menyampaikan arti penting PBAK ini adalah sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan perkuliahan di samping ada syarat-syarat lain seperti sertifikat Bahasa (Arab dan Inggris) yang secara pelaksanaan menjadi tanggung jawab Unit Bahasa. “Mahasiswa IAIN Manado harus mengikuti PBAK sebagai syarat mengkiti ujian komprehensif dan kelulusan. Jika tidak mengikuti PBAK tahun ini, maka wajib mengikuti PBAK di tahun-tahun berikutnya. Selain PBAK, terdapat juga ujian Bahasa Arab dan Inggris yang harus diikuti yang dilaksanakan oleh unit pengembangan Bahasa. Sekali lagi baik PBAK dan Bahasa yang menjadi wajib diikuti Mahasiswa, IAIN Manado lagi mengusahakan ada satu sertifikat lagi yakni Sertifikat Baca-Tulis Al Quran yang dilaksanakan oleh Lembaga Keagamaan. Maka ada 4 sertifikat yang harus dimiliki mahasiswa IAIN Manado sebelum lulus dari IAIN Manado” Tutur Rektor di awal-awal sambutan.
Syarat-syarat yang disampaikan rektor tentu sebagai tolak ukur administrasi bagi mahasiswa IAIN Manado untuk mencapai aspek kualitas lulusan. Rektor juga menekankan bahwasanya dengan kegiatan PBAK dan kegiatan selanjutkan ketika sudah menjadi mahasiswa diharapkan bisa menjadi kepribadian yang rasional dan objektif bahkan memupuk motivasi yang kuat untuk bersegera menyelesaikan kuliah tepat waktu. Karena menurut Rektor ketika mahasiswa kuliahnya tertib dan bertanggung jawab, selesai atau selepas menjadi mahasiswa bisa memberikan kontribusi baik bekerja hingga bisa membantu dan membanggakan orang tua (keluarga).
Akhir sambutan Rektor mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada pihak keluarga yang sudah memilih IAIN Manado sebagai wadah Pendidikan dan ucapan terima kasih disampaikan kepada panitia baik unsur mahasiswa (ormawa) dan dosen serta pihak-pihak yang sudah mensukseskan PBAK tahun 2022. Simbolisasi penutupan PBAK yakni Rektor mencabut identitas PBAK dari beberapa perwakilan peserta dan menyerahkan bantuan pendidikan kepada beberapa mahasiswa terbaik.
Kemeriahan kegiatan PBAK diselingi dengan tampilan inagurasi berupa hadrah (musikalisasi Islam), Seni Bela Diri hingga seni musik beatbox hingga menyanyi bersama sambil melambaikan alunan tangan dengan flashlight handphone seluruh peserta. (Humas)

Tinggalkan Balasan