WAKIL REKTOR I HADIRI PEMBUKAAN KONASPI X 2022

Iainmanado.official-Rabu (12/10/2022).. Pembukaan Konferensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) ke-X tahun 2022 tuan Rumahnya adalah UNIMA Manado yang diselenggarakan di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado pada 12/10/2022. Wakil Rektor I Ahmad Rajafi ikut menghadiri Pembukaan KONASPI X mewakili Rektor IAIN Manado di Gedung Convention Center Manado. Hadir juga tamu undangan lainnya yakni Gubernur dan Sekertaris…

By.

min read

Iainmanado.official-Rabu (12/10/2022).. Pembukaan Konferensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) ke-X tahun 2022 tuan Rumahnya adalah UNIMA Manado yang diselenggarakan di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado pada 12/10/2022.

Wakil Rektor I Ahmad Rajafi ikut menghadiri Pembukaan KONASPI X mewakili Rektor IAIN Manado di Gedung Convention Center Manado. Hadir juga tamu undangan lainnya yakni Gubernur dan Sekertaris Daerah Provinsi, Forkopimdan Sulut, Kepolisian, Polda, Walikota Manado, Perwakilan Bupati se-Sulut dan Rektor perguruan tinggi se-Sulawesi Utara hingga keterwakilan dari perguruan tinggi luar negeri sebagai narasumber. Pembukaan KONASPI di sela kegiatannya menampilkan Mahasiswa UNIMA pada tampilan seni tari dan pentas musik dengan tema Indonesia Pulih Cepat dan Lagu Kebangsaan KONASPI.

KONASPI X tahun 2022 secara keseluruhan kegiatan dilaksanakan pada 11 s/d 13 Oktober dengan kepesertaannya melibatkan jajaran kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, semua Rektor dan sivitas akademika LPTK, seluruh pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal, dunia usaha dan industri, pemerintah pusat dan daerah, dan jajaran pendidikan dari berbagai daerah. Tema yang diangkat pada KONASPI kali ini yakni “Recover Together, Recover Stronger for Future Education”  sebuah tema yang  dipilih dan ditetapkan dalam upaya Indonesia dan dunia memulihkan berbagai dampak pandemi Coronavirus (Covid-19).

Sambutan pembukaan dari Prof. Ganefri, Ph.D selaku ketua PPTKNI menyampaikan hadirnya KONASPI tahun ini merupakan respon pasca pandemic dan efek yang terjadi pada dunia pendidikan. “Fokus utama kegiatan adalah turunnya kualitas pendidikan dari efek pandemic maka pertemuan kali ini coba merespon untuk membahas pendidikan pasca pandemik. Upaya respon cepat terhadap kualitas pendidikan sebagai bagian dari pemulihan pendidikan yang melibatkan dari berbagai aspek baik ekonomi, budaya dan kerjasama pemerintah dan hal ini menjadi konsentrasi LPTK” Ungkap Ketua PPTKNI.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya juga menegaskan bahwasanya pendidikan merupakan sektor penting sebagai invetasi pembangunan bangsa. “Pendidikan di Sulawesi Utara menekankan pada SDM hingga proses pembangunan pendidikan. Pengajar hingga stakeholder pendidikan menjadi peran penting untuk bisa menghasilkan generasi bangsa yang mempunyai daya saing tinggi  hingga mampu beradaptasi dengan perubahan” Ujar Gubernur Sulut.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, B.A, M.B.A atau sering disapa akrab Mas Menteri secara via live zoom. Nadiem Makarim dalam sambutan pembukaan memberikan arahan soal perkembangan mutakhir pendidikan. Pendidikan sekarang ini menuntut adanya sebuah transformasi baik dari penyesuain ekosistem pendidikan hingga kebijakan kurikulum yang sekarang ini diperkenalkan oleh pemerintah dikenal dengan tagline “Merdeka Belajar”. Nadiem juga menekankan arti penting tentang keberadaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dalam waktu dekat akan dibuka kurang lebih 40.000 mahasiswa PPG Pra Jabatan. Mas Menteri Nadiem menitip pesan kepada seluruh peserta Konaspi agar membahas konsep PPG lebih susbtansial. Setidaknya ada tiga (3) isu utama dalam merespon PPG sekarang ini, yakni pengetatan seleksi masuk yang dilihat dari komitemn dan mindset, kurikulum PPG berbasis refleksi dan problem solving, dan penguatan kolaborasi dari Sekolah Swasta dan Negeri sebagai bentuk praktek dari mahasiswa PPG. Akhir sambutan Mas Menteri menekankan soal kualifikasi guru hingga peran inovasi-kreatifitas yang mampu bisa memberikan arti peran penting pada dunia pendidikan di era perubahan dan serba dinamis.

 

Setelah pembukaan KONAS

PI X dilanjutkan sesi foto bersama pejabat dan disksusi publik hingga presentasi dari berbagai pemerhati pendidikan dilangsungkan hingga Kamis 13/10/2022. (Adm/AA)