REKTOR BUKA KULIAH UMUM PASCASARJANA BAHAS SOAL TANTANGAN JURNAL ILMIAH

Iainmanado.official-Kamis (27/10/2022). Pascasarana IAIN Manado melaksanakan kuliah umum yang melibatkan peserta mahasiswa Pascasarjana di Hotel Grand Whize Manado pada Kamis, 27 Oktober 2022. Tema yang diangkat pada kuliah umum yakni Tantangan Jurnal Ilmiah dalam Merespon Pendidikan Merdeka dengan melibatkan penulis aktif Saidin Zulfiqar bin Tahir. Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag Direktur Pascasarjana menyampaikan dalam sambutan pembukaan…

By.

min read

Iainmanado.official-Kamis (27/10/2022). Pascasarana IAIN Manado melaksanakan kuliah umum yang melibatkan peserta mahasiswa Pascasarjana di Hotel Grand Whize Manado pada Kamis, 27 Oktober 2022. Tema yang diangkat pada kuliah umum yakni Tantangan Jurnal Ilmiah dalam Merespon Pendidikan Merdeka dengan melibatkan penulis aktif Saidin Zulfiqar bin Tahir.

Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag Direktur Pascasarjana menyampaikan dalam sambutan pembukaan mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN yang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan kuliah umum. Selain itu Direktur Pascasarjana mengingatkan soal Pedoman Akademik yang baru akan segera disahkan dalam rapat senat. “Mahasiswa Pascasarjana dalam aturan terbaru bisa saja tidak membuat Penelitian Tesis dengan syarat Mahasiswa tersebut bisa menulis dalam jurnal scopus atau tersinta 2. Maka pertemuan ini menjadi momen penting bagi mahasiswa untuk bisa mengambil tips dan trik penulisan jurnal ilmiah yang terbaik” Ungkap Nasruddin.

Rektor IAIN Manado Delmus P. Salim, Ph.D juga menambahkan dalam sambutannya di mana seorang peneliti dalam tulisannya hal terpenting adalah mengungkapkan problematika atau nilai jual tulisan. “Dalam menulis harus mengedepankan fakta dari data kemudian teori yang menyesuaikan dengan fakta tersebut, bukan sebaliknya fakta menyesuaikan dengan teori karena fakta sejatinya tidak bisa dirubah kalau teori bisa saja dirubah. Kemudian kalau menulis khususnya jurnal sebaiknya diawali dengan pemaparan problematika bukan hal-hal yang umum sekiranya bisa membuat pembaca itu bosan. Maka dalam penelitian ini saya berharap peserta bisa mengambil pelajaran penting khususnya dalam membuat tulisan yang efektif” Sambutan Rektor.

Setelah sambutan Rektor sekaligus membuka kegiatan ini dan menyerahkan secara penuh kepada Direktur Pascasarjana dan pemateri untuk bisa melaksanakan kegiatan ini sebagaimana mestinya. (Adm/AA)