REKTOR MEMBUKA ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI S1 MPI IAIN MANADO

iainmanado.official- Prof.Dr. Ansar, S.Pd., M.Si dari UNG dan Dr.Hj.St. Syamsudduha, M.Pd dari UIN Alauddin Makassar merupakan asesor dari Asesmen lapangan daring Prodi S1 MPI IAIN Manado, pembukaan Asesmen diselenggarakan pada hari Jum’at, 02 Desember 2022. Nampak hadir pula Warek I, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., Dekan FTIK, Dr. Ardianto, M.Pd., Wadek I FTIK, Dr. Mutmainah, M.Pd.,…

By.

min read

iainmanado.official- Prof.Dr. Ansar, S.Pd., M.Si dari UNG dan Dr.Hj.St. Syamsudduha, M.Pd dari UIN Alauddin Makassar merupakan asesor dari Asesmen lapangan daring Prodi S1 MPI IAIN Manado, pembukaan Asesmen diselenggarakan pada hari Jum’at, 02 Desember 2022.


Nampak hadir pula Warek I, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., Dekan FTIK, Dr. Ardianto, M.Pd., Wadek I FTIK, Dr. Mutmainah, M.Pd., Wadek II FTIK, Dr. Adri Lundeto, S.Ag., M.Pd.I., Wadek III FTIK, Dr. Feiby Ismail, M.Pd.I., Kabag FTIK, Nimros Bulotio, M.E., Dosen serta Tendik dari FTIK, stakeholder, kepala lpm dan lp2m. Hadir pula secara daring Ketua HIPMAPI, Prof. Dr. Imron, Arifin, M.Pd.


Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, Ph.D., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Asesmen lapangan Prodi MPI, “asesmen kegiatan penting untuk dilaksanakan, kami berharap hasil terbaik untuk prodi MPI, untuk dapat mengembangkan hal-hal yang sudah baik. Terlihat semua hadir seperti pejabat di lingkungan FTIK IAIN Manado, kaprodi MPI, jaringan mitra prodi MPI, stakeholder mahasiswa, dosen dan tendik. Nampak Prodi MPI sudah sangat siap untuk melaksanakan asesmen”. Ungkap Pak Rektor.

 

Ungkapan terimaksih untuk semua yang terlibat dalam asesmen, panitia borang, pimpinan di lingkungan FTIK, dan “semoga asesmen ini membawa berkah bagi prodi, Fakultas dan IAIN Manado”. Tutur Rektor

“Akreditasi merupakan sebuah pengakuan mutu Prodi dari penilaian internal, penilaian ada dua internal dan eksternal. Eksternal hanya pengukuhan agar supaya apa yang telah dikerjakan mendapat pengakuan dari luar, jika sistem internalnya sudah bagus pasti hasilnya akan linier dengan eksternal”. Jelas Prof. Ansar dalam sambutannya.

Akreditasi itu biasa-biasa saja dan merupakan kegiatan rutin minimal yang diselenggarakan 5 tahun sekali. Asesor ditugaskan untuk memverifikasi laporan kinerja prodi yang telah diajukan apakah sesuai fakta dan data di lapangan. Hasil akreditasi  ada kategori cukup, baik, baik sekali dan unggul. “Kami berharap dalam 2 hari kedepan kita bersama-sama bersinergi dan bekerja sama kemudian jika diminta data yang kami butuhkan dimohon ada kerjasama yang baik untuk segera dipenuhi. Kita hanya ingin tahu fakta dilapangan apakah sudah sesuai dan jika mungkin ada dari prodi yang belum dibuat laporannya bisa ditambahkan datanya. Selama ini Asesmen lapangan menjadi momok yang menakutkan bagi lembaga, “asesmen bukanlah hal yang menakutkan namun malah akan membantu prodi untuk pengembangan kedepan. Untuk memverifikasi data dan akan ada masukan atau saran dari Asesor untuk memperbaiki yang kurang dan meningkatkan hal yang baik agar menjadi prodi yang baik sekali atau unggul. Semoga mendapatkan hasil yang dikehendaki bersama”. Jelas Prof. Ansar. (Adm/AF)