PEMBUKAAN VISITASI ASESMEN LAPANGAN PRODI BARU JENJANG PROFESI TAHUN 2022 FTIK IAIN MANADO

iainmanado.official- Resmi dibuka Visitasi Asesmen Lapangan PRODI Baru jenjang Profesi Tahun 2022 pada hari Kamis, 22 Desember 2022 di Aula FTIK IAIN Manado. Nampak hadir Kasie Mutu Akademik Subdirektorat Pengembangan akademik Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, Dr. Abdul Mukti Bisri, S.Ag., M.Ag beserta para pendampingnya, Kepala Kanwil kemenag Sulut, Dekan FTIK, Wadek I FTIK,…

By.

min read

iainmanado.official- Resmi dibuka Visitasi Asesmen Lapangan PRODI Baru jenjang Profesi Tahun 2022 pada hari Kamis, 22 Desember 2022 di Aula FTIK IAIN Manado.

Nampak hadir Kasie Mutu Akademik Subdirektorat Pengembangan akademik Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, Dr. Abdul Mukti Bisri, S.Ag., M.Ag beserta para pendampingnya, Kepala Kanwil kemenag Sulut, Dekan FTIK, Wadek I FTIK, Wadek II FTIK, para Dosen dan Tendik.

Pengarahan dari Asesor I, Prof.Dr.Deden Makbuloh, M.Ag dari UIN Raden Intan Lampung, kehadiran Asesor merupakan tahap ke tujuh dari sepuluh, dengan tahap visitasi akan dipastikan atau diverifikasi seperti mengenai sarana prasarana sesuai atau belum seperti yang telah diajukan, setelah dipantau akan dievaluasi sebagai bahan rekomendasi.

“Kedua mengenai PPG itu profesi bukan sarjana biasa yang memiliki persyaratan ketat, kemudian dipastikan ada pengelola yang serius siap menangani PPG. Jika sudag ada pengelola yang serius maka keseriusan itu akan nampak pada kurikulum yang disajikan jadi harap benar didesain kurikulumnya untuk menyiapkan guru-guru yang profesional. Kemudian kalau bisa ada guru mitra yang akan jadi guru pamong dengan minimal golongan 4, memiliki pengalaman penilaian atau jam terbang tinggi. Dengan dibukanya Prodi PPG ini dapat menyelesaikan guru-guru yang belum sertifikasi, selain menyiapkan guru sertifikasi bisa juga untuk yang prajabatan yang Fresh Graduate dari berbagai jurusan, masuk di akreditasi minimum maka proses yang kita lakukan ini mengenai kelayakan, kaitannya rekomendasi dari Asesor yang akan diakui Ban PT”. Jelas Prof. Deden

Asesor II, Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag dari UIN Tulungagung., pengarahan yang diberikan beliau tidak beda jauh dengan Asesor pertama. Beliau menyampaikan sudah ada perubahan dari tahun 2016  sampai sekarang, perubahan tersebut seperti perubahan sarpras, perubahan jumlah Mahasiswa, dan hebatnya di IAIN Manado sekarang sudah ada Asesor.

“Kami sudah membaca borang usulan, maka kami akan memastikan apakah sesuai dengan kenyataan. Usulan borang sudah bagus semoga sesuai kenyataan, maka kami tinggal menulis rekomendasi yang tepat. Kami akan merekomendasikan sebagai wadah dan dapat mengcover semua usulan”. Ungkap Prof Imam


Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., selaku Plh. Rektor memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Visitasi Asesmen Lapangan PRODI Baru jenjang Profesi Tahun 2022. “Kami telah mengusulkan borang Prodi Baru PPG maka kami siap ditelaah dan disahkan, IAIN Manado tingkat jihadnya tinggi maka butuh syafaat yang besar. Jika PPG nya dibuka maka insyaAllah banyak yang akan menimba ilmu di IAIN Manado dan akan mengalirkan pahala pula pada Asesor, selain ucapan selamat datang, kami juga menyampaikan rasa bahagia, semoga hasil Visitasi menghasilkan yang terbaik”. Ujar Pak Rajafi. (Adm/AF)