RESPON TINDAKAN PROTES GUSMEN KE MASHARIQ, REKTOR IAIN MANADO: TUNJUKKAN TANGGUNG JAWAB MORALITAS PEJABAT PUBLIK

iainmanado.official-Rabu (05/07/2023). Hampir sepekan yang lalu tampak Gusmen (sapaan akrab Menag RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut) tepatnya Rabu malam, 28 Juni 2023 di Mina sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi (WAS) melontarkan protes keras kepada sejumlah layanan Mashariq kepada jamaah Indonesia. Merujuk dalam pantauan detikhikmah detikcom protes yang dilontarkan Gus Mes didasari dari…

By.

min read

iainmanado.official-Rabu (05/07/2023). Hampir sepekan yang lalu tampak Gusmen (sapaan akrab Menag RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut) tepatnya Rabu malam, 28 Juni 2023 di Mina sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi (WAS) melontarkan protes keras kepada sejumlah layanan Mashariq kepada jamaah Indonesia.

Merujuk dalam pantauan detikhikmah detikcom protes yang dilontarkan Gus Mes didasari dari pengecekan jamaah haji Indonesia yang terlambat di evakuasi dari Muzdalifah darn distribus makan malam hingga pukul 22.00 WAS jamaah haji Indonesia di Mina belum terdistribusi semua. Protes Gus Men tampak dari Video dari detikhikmah detikcom (02/07/2023) yang Kala Gus Men menolak ajakan makan tawaran dari Mashariq kepada Gusmen.

“Selama jemaah saya (haji Indonesia) sudah makan, baru saya mau makan. Kalau jemaah saya belum makan, saya ndak mau makan,” kata Gus Men seperti video yang dilihat tim detikHikmah detikcom, Minggu (2/7/2023).

Momen Menag Yaqut Cholil Qoumas (tengah) protes ke Mashariq. (Foto: Tim MCH 2023)
Momen Menag Yaqut Cholil Qoumas (tengah) protes ke Mashariq. (Foto: Tim MCH 2023)

Rektor IAIN Manado Dr. Ahmad Rajafi, M.HI ikut mendukung sikap tegas Gus Men yang menunjukkan sikap peduli dengan rakyat Indonesia. “Tindakan Gus Men tentu adalah bagian penting dalam tanggung jawab moral sebagai pejabat publik yang secara langsung proses haji di bawah koordinator kementerian agama dan protes tersebut keterwakilan selaku sesame warga Indonesia dalam proses ibadah haji” Ungkap Awal Rajafi wawancara terpisah. Selain itu menurut Rektor IAIN Manado seharusnya hal-hal sekecil apapun perlu diperhatikan dengan penting aspek kesehatan terlebih orang yang naik ibadah haji mempunyai niat tulus dalam proses menyempurnakan rukun Islam.