IAIN Manado Meriahkan HUT Ke-78 RI dengan Gelar Upacara Bendera Kemerdekaan

Iainmanado.official – Tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar upacara bendera kemerdekaan yang dihadiri oleh para pimpinan, dosen, dan pegawai serta mahasiswa peserta Pra PBAK IAIN Manado. Acara berlangsung khidmat dan meriah di lapangan kampus IAIN Manado dengan hamburan baju adat yang mewarnai halaman Rektorat…

By.

min read

Iainmanado.official – Tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar upacara bendera kemerdekaan yang dihadiri oleh para pimpinan, dosen, dan pegawai serta mahasiswa peserta Pra PBAK IAIN Manado. Acara berlangsung khidmat dan meriah di lapangan kampus IAIN Manado dengan hamburan baju adat yang mewarnai halaman Rektorat IAIN Manado.

Puncak acara upacara bendera ini adalah pembacaan oleh petugas pembawa acara, Nurul Fajriani Mokodompit, M.Pd., yang disusul dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Lisa Anjani Siwi, M.A., dan Pembawa Pancasila, Nova Alam, S.Kom., yang mengingatkan seluruh hadirin akan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Sebagai momen yang sarat makna, pembacaan doa menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Doa dipimpin oleh Ismail K Usman, M.Pd.I., mengajak semua orang untuk bersama-sama mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa serta umat.
Acara ini menjadi semakin istimewa dengan kehadiran Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, yang juga bertindak sebagai pembina upacara. Beliau membacakan sambutan Menag RI, yang berbunyi Pagi ini, kita semua berdiri di sini, dalam upacara peringatan HUT Republik Indonesia. Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang saat ini dirasakan bersama. Ini juga menjadi cara kita berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah hingga bangsa ini berdaulat dan berdikari. Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju.

Beliau mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh Republik Indonesia serta mengingatkan pentingnya menjaga dan menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Dengan semangat kemerdekaan yang berkobar, IAIN Manado terus berkomitmen dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya dalam mendidik generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berintegritas, sesuai dengan nilai-nilai kepahlawanan dan semangat kemerdekaan yang telah ditanamkan oleh para pendahulu.

Fotografer : AA

Penulis : AF