Dzikir dan Dhuha bersama Menutup Rangkaian PBAK Tahun 2023 di IAIN Manado

iainmanado.official – Senin, 21 Agustus 2023, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado tahun ini berakhir dengan suasana penuh khidmat. Acara penutupan diisi dengan rangkaian ibadah dan pengarahan dari tokoh-tokoh penting kampus, menggambarkan momen berharga dalam perjalanan mahasiswa baru menuju dunia akademik yang lebih tinggi. Sebagai simbol kesatuan dan…

By.

min read

iainmanado.official – Senin, 21 Agustus 2023, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado tahun ini berakhir dengan suasana penuh khidmat. Acara penutupan diisi dengan rangkaian ibadah dan pengarahan dari tokoh-tokoh penting kampus, menggambarkan momen berharga dalam perjalanan mahasiswa baru menuju dunia akademik yang lebih tinggi.

Sebagai simbol kesatuan dan kesejahteraan rohani, acara penutupan dimulai dengan Sholat Dhuha, dzikir, dan doa bersama yang diikuti oleh seluruh peserta PBAK. Imam Sholat Dhuha, Ismail K Usman, M.Pd.I, membimbing jemaah dalam momen yang penuh ketenangan dan penghayatan. Nampak Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., dan ketua panitia PBAK, Dr. Mardan Umar, M.Pd turut menjadi jemaah sholat dhuha dan mengikuti dzikir bersama.

Dalam acara ini, ketua panitia, Dr. Mardan Umar, M.Pd, mengumumkan pula jumlah mahasiswa baru yang mulanya 417 sekarang menjadi 439 mahasiswa dinyatakan lulus secara murni, dengan 410 orang dinyatakan lulus , lulus bersyarat sebanyak 16 orang dan 10 orang tidak lulus.

Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada panitia, peserta, serta semua pihak yang telah mendukung PBAK tahun 2023. Acara ini menjadi kesempatan bagi Rektor dan pimpinan kampus untuk mengumumkan kesuksesan PBAK selama beberapa hari yang dimulai pada tgl 17-21 Agustsus 2023 dan mendoakan keberkahan bagi mahasiswa baru.

Dalam rapat senat terbuka yang mengakhiri PBAK, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., mengagungkan nama Allah dalam ucapan pembukaannya. Rektor menyampaikan harapannya agar semua permohonan kepada Allah diijabah dan memberikan arahan penting kepada mahasiswa baru. Beliau menekankan bahwa menjadi mahasiswa adalah tanggung jawab besar, tidak hanya kepada institusi dan ilmu, tetapi juga kepada orang tua serta masyarakat. Rektor mengingatkan mahasiswa untuk menjunjung tinggi etika dan perilaku Islami, karena apa yang diperlihatkan oleh mahasiswa kecil dalam sebuah masalah, tetapi memiliki dampak besar terhadap citra institusi.

Sambutan juga diberikan oleh Ketua Senat, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd, beliau menyampaikan apresiasi kepada Rektor dan panitia atas kesempatan untuk memberikan pesan akademik kepada mahasiswa baru. Dr. Rivai mengingatkan mahasiswa tentang nilai berharga dari kesempatan kuliah yang mereka dapatkan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi. Ia memotivasi mahasiswa untuk belajar dengan baik, dapat mengatasi masalah, dan menjadi bagian dari mewujudkan cita-cita institusi.

Penutupan PBAK ini menjadi momen penting yang memberikan inspirasi, semangat, dan arahan bagi mahasiswa baru IAIN Manado. Dengan dukungan dari berbagai tokoh dan pemimpin kampus, diharapkan mahasiswa baru siap menghadapi tantangan akademik dan sosial serta berkembang menjadi generasi emas yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat khususnya IAIN Manado.

Acara penutupan diakhiri dengan Maba IAIN Manado ramah tamah dan bersalam-salaman kepada Rektor IAIN Manado dan seluruh anggota Senat IAIN Manado. (Adm/AF)