Wisuda Ke-XI IAIN Manado: Pesan Berharga dari Tokoh Pemerintahan untuk Para Wisudawan

Iainmanado.official- Selasa, 22 Agustus 2023 di Sutanraja Hotel, pelaksanaan wisuda ke-XI IAIN Manado tahun ini menjadi momen yang istimewa dengan hadirnya orasi ilmiah dari Walikota Andrei Angouw. Dalam suasana penuh semangat, para wisudawan dan wisudawati menerima pesan berharga dari tokoh-tokoh pemerintahan serta berbagi cerita mengenai perjalanan akademik mereka. Pada kesempatan ini, Walikota Andrei Angouw memberikan…

By.

min read

Iainmanado.official- Selasa, 22 Agustus 2023 di Sutanraja Hotel, pelaksanaan wisuda ke-XI IAIN Manado tahun ini menjadi momen yang istimewa dengan hadirnya orasi ilmiah dari Walikota Andrei Angouw. Dalam suasana penuh semangat, para wisudawan dan wisudawati menerima pesan berharga dari tokoh-tokoh pemerintahan serta berbagi cerita mengenai perjalanan akademik mereka.

Pada kesempatan ini, Walikota Andrei Angouw memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Beliau menekankan bahwa wisuda bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi awal dari dunia yang penuh pembelajaran. “Kita harus terus belajar dan tidak boleh sombong, meskipun telah menyelesaikan pendidikan,” ujarnya. Selanjutnya, Bapak Walikota mengingatkan para wisudawan untuk menjaga diri dengan baik, karena mereka adalah sumber daya manusia yang berharga bagi negara. “Hindari narkoba dan hal-hal yang dapat merusak diri kalian,” tambahnya.
Dalam upaya mensejahterakan masyarakat, Walikota mengingatkan para wisudawan untuk menjadi alumni yang produktif. Ia juga mengajak mereka untuk mengingat tiga pesan penting: pertama, memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang baik; kedua, memiliki energi dan semangat yang tinggi; ketiga, berpegang pada integritas dan kejujuran yakni menjaga kesesuaian antara kata dan tindakan dalam realitas.”Kalian harus bersyukur dan bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), karena setiap WNI berhak mendapatkan perlindungan dan hak-haknya,” sambung Walikota Andrei Angouw. Ia juga mengingatkan para wisudawan untuk menghadapi proses demokrasi dengan bijak dan tidak berperang, melainkan merayakan keberagaman pendapat dengan damai.


Tidak hanya Walikota, Gubernur juga memberikan sambutan yang diwakili oleh Sirajudin Lasena, SE., M.Ec., Dev. (Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulut) beliau memberikan dorongan semangat kepada para wisudawan dan wisudawati. Beliau juga menyampaikan agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kemudian beliau mengingatkan mereka untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh sebagai momentum untuk memotivasi dan memperkuat diri. Beliau juga mengajak para wisudawan untuk terus meningkatkan ilmu dan berkontribusi positif dalam memajukan Sulawesi Utara.
Selain itu, acara juga melibatkan wawancara terpisah dengan wisudawan terbaik, Moh Rafiq Soleman, S.H. Rafiq menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian sebagai wisudawan terbaik. Ia mengakui bahwa dukungan dan doa orang tua sangat berarti dalam perjalanan pendidikannya. Rafiq juga memuji kualitas dosen dan fasilitas yang disediakan oleh IAIN Manado, serta berbagi tentang perannya dalam penyusunan borang HES) berkat berkat kemampuannya yang dianggap mumpuni oleh Fakultas.
Momen wisuda ke-XI IAIN Manado tidak hanya menjadi tanda perpisahan dari bangku kuliah, tetapi juga menjadi batu loncatan bagi para wisudawan untuk menghadapi masa depan yang cerah dan penuh optimisme. Dengan pesan-pesan berharga dari para tokoh pemerintahan, diharapkan mereka akan menjadi generasi yang produktif, berintegritas, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara serta Agama. (Adm/AF)