KNEKS Bersama FEBI dan FASYA Gelar Seminar Perencanaan Keuangan Syariah dan Investasi Sukuk Ritel SR019 di IAIN Manado

iainmanado.official – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Manado telah berhasil menyelenggarakan Seminar Perencanaan Keuangan Syariah dan Peluang Investasi Melalui Sukuk Ritel SR019 di Gedung Teater Syariah, lantai 4, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, pada hari Kamis, 14 September…

By.

min read

iainmanado.official – Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Syariah (FASYA) IAIN Manado telah berhasil menyelenggarakan Seminar Perencanaan Keuangan Syariah dan Peluang Investasi Melalui Sukuk Ritel SR019 di Gedung Teater Syariah, lantai 4, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, pada hari Kamis, 14 September 2023. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan IAIN Manado, termasuk Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Plt. Kepala Biro AUAK, Dekan FEBI, Dekan FASYA, Dekan Fakultas Ushuluddin (FUAD), Kepala LPM, Wakil Dekan III FUAD, Kepala SPI, serta Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi dari berbagai fakultas.

Pemateri dalam kegiatan Seminar Perencanaan Keuangan Syariah dan Peluang Investasi Melalui Sukuk Ritel SR019 yaitu Yosita Nur Wirdayanti, ST, MBA, MIFP selaku Kepala Divisi Perbankan Syariah, Direktorat Jasa Keuangan Syariah, KNEKS. Pemateri kedua yaitu M. Safrudin Sabto Nugroho, S.E., M.Tr. A.P selaku Kepala Seksi Pengelolaan Aset SBSN Kementerian Keuangan.

Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, memberikan pidato pembukaan dengan menyampaikan pentingnya pemahaman mengenai investasi sukuk ritel kepada para mahasiswa. “Seringkali kita hanya terbatas pada menabung dan menghabiskan uang tanpa memahami cara mengelola keuangan secara lebih mendalam, seperti melalui investasi. Seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang investasi sukuk ritel, yang saat ini mungkin belum banyak diketahui oleh mahasiswa,” ujar Rektor. Beliau juga menekankan pentingnya investasi dan mengajak mahasiswa untuk lebih berorientasi pada penelitian nantinya.

“Seminar ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat mereka di luar e-commerce. Sukuk ritel 019 adalah topik yang relevan dan penting untuk dipahami, karena investasi adalah salah satu kunci kemajuan ekonomi syariah,” tambahnya. Rektor Dr. Ahmad Rajafi, M.HI juga berbagi harapannya terkait pengembangan kampus IAIN Manado, termasuk pembukaan program studi pariwisata.

Selanjutnya, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS, Dr. Taufik Hidayat, M.Ec, menyampaikan sambutan dalam acara ini. Dr. Taufik Hidayat menjelaskan upaya KNEKS dalam memperkuat ekosistem ekonomi syariah dan industri keuangan syariah di Indonesia. Ia juga mengungkapkan keberhasilan KNEKS dalam mendorong investor jangka panjang, seperti BPJS dan dana pensiun, serta pengembangan produk keuangan syariah.

“Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem ekonomi syariah, termasuk melalui berbagai program dan inisiatif seperti sukuk korporasi dan daerah, pengembangan bursa efek syariah, serta penguatan unit usaha syariah. Indonesia berambisi untuk menjadi Pusat Halal Dunia, dan peringkat KNEKS yang semakin baik menjadi salah satu indikator kemajuan dalam hal ini,” ungkap Dr. Taufik Hidayat.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang perencanaan keuangan syariah dan investasi sukuk ritel SR019 kepada para mahasiswa IAIN Manado, serta mendorong minat mereka dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah yang semakin berkembang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara pihak KNEKS dengan IAIN manado. (Adm/AF)