,

IAIN Manado Gelar Apel Pagi dengan Pesan Penting bagi ASN

iainmanado.official – Apel pagi yang diadakan secara rutin oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado kali ini mendapat perhatian khusus dari seluruh jajaran civitas akademika. Acara tersebut dipandu oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. Ardianto, M.Pd, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI., Wakil…

By.

min read

iainmanado.official – Apel pagi yang diadakan secara rutin oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado kali ini mendapat perhatian khusus dari seluruh jajaran civitas akademika. Acara tersebut dipandu oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. Ardianto, M.Pd, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI., Wakil Rektor II, Dr. Salma, M.HI, serta Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag.

Tidak hanya dihadiri oleh jajaran pimpinan, apel pagi ini juga dihadiri oleh kepala unit dan lembaga di lingkungan IAIN Manado, serta seluruh pegawai baik yang memiliki status ASN maupun Non ASN. Dr. Ardianto dalam sambutannya menyampaikan berbagai regulasi yang berlaku baik bagi ASN maupun non ASN, serta memberikan selamat kepada rekan-rekan yang baru saja lulus menjadi ASN PPPK. Beliau berharap agar mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas di IAIN Manado dan memotivasi serta memacu kinerja seluruh anggota lembaga tersebut.

Dalam amanat yang disampaikan, beliau menjelaskan beberapa prinsip-prinsip ASN pada permenpan (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) No. 6 Tahun 2022 yang menjadi salah satu sorotan utama. Permenpan tersebut menekankan nilai-nilai dasar yang harus diinternalisasi oleh setiap ASN. Pertama, ASN diingatkan untuk selalu berorientasi pada pelayanan. Hal ini berarti memahami karakteristik penggunaan layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna, memberikan pelayanan yang ramah, friendly, dan cekatan, serta berinovasi dalam menyelesaikan masalah.

Kedua, ASN diingatkan akan pentingnya akuntabilitas dalam bekerja. Mereka harus bekerja secara jujur, objektif, efektif, dan efisien. Selain itu, pengelolaan barang milik negara (BMN) juga harus dilakukan secara bertanggung jawab dan penyelewengan harus dihindari.

Poin ketiga dalam amanat tersebut adalah adaptabilitas. ASN diminta untuk cepat menyesuaikan diri dengan perubahan yang dinamis, terutama dalam era digital saat ini. Mereka juga harus proaktif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka dan memiliki kompetensi yang baik.

Prinsip-prinsip dasar yang disampaikan dalam apel pagi tersebut akan menjadi basis penilaian dalam Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Loyalitas terhadap pekerjaan, instansi, dan pimpinan. Core values ini akan menjadi indikator dalam penilaian SKP.

Hal lain juga yang ikut disoroti ialah soal akuntabilitas pelaporan penelitian utamanya soal laporan penggunaan dana penelitian. Ini menjadi hal krusial dalam audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) pada berbagai PTKIN. Oleh karena itu, diingatkan untuk menjaga dan mengantisipasi laporan penelitian dosen maupun JFT, selain laporan akademik penelitian, juga pelaporan penggunaan dana penelitian.

Selain di Rektorat, apel pagi serupa juga dilaksanakan di setiap fakultas dan pascasarjana di IAIN Manado. Ini menjadi wujud komitmen seluruh anggota IAIN Manado dalam menerapkan nilai-nilai dasar ASN demi menjaga kualitas dan integritas lembaga tersebut. (Adm/AF)