Mafindo Manado Gelar Sekolah Kebangsaan Pemilih Pemula Cerdas Di IAIN Manado

iainmanado.official- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Manado Kembali menggelar Sekolah Kebangsaan dengan topik  “Pemilih Pemula Cerdas” di Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Manado pada hari Selasa, 19 September 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Program Tular Nalar. Kordinator MAFINDO Wilayah Manado, Dr. Taufani dalam sambutanya memaparkan,  Sekolah Kebangsaan ini merupakan program yang dirintis …

By.

min read

iainmanado.official- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Manado Kembali menggelar Sekolah Kebangsaan dengan topik  “Pemilih Pemula Cerdas” di Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Manado pada hari Selasa, 19 September 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Program Tular Nalar.

Kordinator MAFINDO Wilayah Manado, Dr. Taufani dalam sambutanya memaparkan,  Sekolah Kebangsaan ini merupakan program yang dirintis  membekali pemilih pemula bersikap  cerdas memahami dan berpikir kritis tentang informasi kepemiluan

“Menyambut Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden 2024, program Sekolah Kebangsaan hadir memberikan  literasi politik untuk generasi Z atau kaum muda di era digital”, ujarnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi  oleh  Dr. Mastang Ambo Baba. M.Ag,  selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama  IAIN Manado, dalam sambutannya berpesan kepada semua peserta  lebih bijak menggunakan media sosial agar  terhindar dari miss informasi.

“Pesan saya ke semua mahasiswa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan digital culture agar Anda terhindar dari informasi bohong di jagat digital”, ucapnya.

Kegiatan Sekolah Kebangsaan ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Ahmad Mustamir Waris (Relawan Mafindo Manado) dan Agust Hari ( Ketua AMSI Sulut). Kegiatan selama sehari ini memaparkan materi terkait Demokrasi dan Pemilu serta tentang  Pre Banking dan Debunking yaitu bagaimana mengidentifikasi dan mencegah informasi bohong (Hoax) jelang Pemilu banyak tersebar di kanal digital.

Program Sekolah Kabangsaan ini diselengarakan oleh MAFINDO Manado kerjasama dengan HMPS Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan didukung oleh Google.org dan Lovefrankie menghadirkan  100 orang peserta dari  mahasiswa IAIN Manado.

Kontributor: Mafindo

Editor : AF