Sosialisasi PMB Jalur Mandiri IAIN Manado di Pulau Nain: Peningkatan Akses Pendidikan dan Peluang Beasiswa

iainmanado.official – Pulau Nain menjadi saksi kehangatan dalam acara sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh IAIN Manado. Tim sosialisasi yang dipimpin oleh Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I, bersama pejabat tinggi IAIN Manado, berada di Pulau Nain pada hari Sabtu, 23 September 2023. Tim sosialisasi yang terdiri dari Rektor IAIN…

By.

min read

iainmanado.official – Pulau Nain menjadi saksi kehangatan dalam acara sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh IAIN Manado. Tim sosialisasi yang dipimpin oleh Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I, bersama pejabat tinggi IAIN Manado, berada di Pulau Nain pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Tim sosialisasi yang terdiri dari Rektor IAIN Manado, Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.HI, Wakil Rektor II, Dr. Salma, M.HI, Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag, Plt. Kepala Biro AUAK, Mahdi, SE, M.Si, Kasubbag TU dan Perlengkapan, JFT Pranata Humas, JFT Analis Anggaran, serta staf Rektor disambut dengan keramahan oleh warga Pulau Nain. Mereka disuguhkan hidangan hasil laut dan makanan ringan khas daerah.

Kehadiran tim sosialisasi tidak hanya mengundang perhatian masyarakat, tetapi juga warga dari berbagai lapisan, termasuk wali murid SMK kelas XII, siswa kelas XII, beberapa guru, hukum tua, Imam Masjid, tokoh masyarakat, dan kepala Yayasan Fathul Jannah Nain.

Selain itu Rektor IAIN Manado juga menyelipkan sosialisasi Visi Misi Tujuan dan Strategi dari IAIN Manado, adapun Visi IAIN Manado yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Bermutu Berbasis Masyarakat Multikultural di Asia
Tenggara Tahun 2035.” Beliau menjelaskan bahwa ada mahasiswa non muslim yang juga berkuliah di IAIN Manado sesuai dengan Misi yang berbunyi Memelihara khasanah budaya nasional, kearifan lokal, dan kerukunan umat beragama di
Indonesia dan Asia Tenggara.

Selanjutnya Dalam upaya memberikan informasi yang komprehensif tentang PMB jalur Mandiri IAIN Manado, tim sosialisasi membagikan selebaran brosur kepada peserta yang hadir. Yang menarik, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, secara langsung memberikan sambutan dan mensosialisasikan PMB kepada warga yang hadir.

Dalam sambutannya, Dr. Ahmad Rajafi mengutip hadits “Uthlubul ilma minal mahdi ilal lahdi” (Carilah ilmu dari buaian hingga liang lahat). Ia mendorong para calon mahasiswa untuk memiliki pemikiran maju dan tekad untuk meningkatkan wawasan serta mencari ilmu yang lebih tinggi.

Rektor juga memberikan inspirasi dengan merinci bahwa IAIN Manado merupakan Perguruan Tinggi Negeri dengan SPP terjangkau, mulai dari 400 ribu hingga 3,2 juta rupiah. Ia mengajak anak-anak muda Nain untuk menjadi mahasiswa yang inspiratif dan berkomitmen untuk mendapatkan gelar akademik.

Selain itu, Dr. Ahmad Rajafi mengumumkan bahwa akan ada kerjasama antara IAIN Manado dan yayasan Karya Insan Pilihan di Nain, termasuk pengiriman PPKT untuk membantu pendidikan di wilayah tersebut.

Pembina Yayasan Karya Insan Pilihan Nain, H. Mohammad Darwis Hamid, SE, menambahkan bahwa paradigma masyarakat kurang mampu yang sulit mendapatkan pendidikan tinggi harus diubah. IAIN Manado telah menyediakan berbagai beasiswa, seperti KIP, GenBI, PLN YBM, dll untuk membantu masyarakat kurang mampu meraih pendidikan tinggi.

Sosialisasi PMB jalur Mandiri di Pulau Nain ini menjadi langkah nyata dalam memperluas akses pendidikan tinggi dan memberikan peluang kepada calon mahasiswa untuk meraih impian akademik mereka. Semoga dengan semangat yang sama, pendidikan yang lebih tinggi akan menjadi hak dan kewajiban bagi semua rakyat termasuk wilayah 3T. (Adm/AF)