Wakil Dekan I FTIK IAIN Manado Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I., menjadi Keynot Speaker Seminar Nasional di Mojokerto Jawa Timur

iainmanado.official- Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado, Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I., mendapat kesempatan sebagai Keynote Speaker pada Seminar Nasional bertajuk “Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi”, yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, di Auditorium IAI Uluwiyah Mojokerto Jawa Timur pada hari Senin,…

By.

min read

iainmanado.official- Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado, Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I., mendapat kesempatan sebagai Keynote Speaker pada Seminar Nasional bertajuk “Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi”, yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, di Auditorium IAI Uluwiyah Mojokerto Jawa Timur pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan MoU antara Fakultas Tarbiyah IAIN Manado yang diwakili oleh Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I., sebagai Wakil Dekan I FTIK IAIN Manado, dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Uluwiyah Mojokerto Hj. Azmil Mukhibbatul Bariroh, SS., M.Pd.I.

Kegiatan yang digagas oleh kedua Fakultas ini, dibuka langsung oleh Rektor IAI Uluwiyah Mojokerto Dr. Hj. Nining Khurrotul Aini, S.Pd.I., ST., M.Si.

Turut hadir dalam pembukaan seminar nasional tersebut, Wakil Rektor I IAI Uluwiyah Mojokerto, Dr. H. Mahmud, S.Ag., M.M., M.Pd., Wakil Rektor II, Ahmad Fandi Bastian, SS., M.Pd.I., dan Wakil Rektor III, Ika Irmawansah, S.Fil., M.Phil. Seminar yang dihadiri oleh seluruh jajaran dosen dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah ini, berlangsung selama 2 jam, yang diawali dengan pemaparan materi oleh Narasumber Utama, Dr. Adri Lundeto, M.Pd.I, yang menjelaskan dengan rinci sisi perbedaan kajian Pendidikan demokratis dengan Pendidikan Islam melalui kajian teologis yang menekankan pemahaman yang mendalam tentang rujukan utama umat Islam, yakni Al-Qur’an dan Hadits.

Antusiasme peserta seminar dibuktikan dengan feedback dalam bentuk pertanyaan dari 4 orang peserta, yang terdiri dari 1 orang dosen dan 3 orang  mahasiswa yang sangat kritis dalam menyikapi paradigma pendidikan kaitannya dengan perkembangan globalisasi saat ini.

Seminar yang dipandu oleh Moderator Khoirul Jazilah, S.Pd.I., M.Pd.I., ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari IAI Uluwiyah Mojokerto, dan sebaliknya FTIK IAIN Manado juga menyerahkan cindera mata dari Rektor IAIN Manado, Dr. H. Ahmad Rajafi, M.H.I., dan diterima langsung oleh Rektor IAI Uluwiyah Mojokerto, Dr. Hj. Nining Khurrotul Aini, S.Pd.I., ST., M.Si. Setelah pembicara utama memaparkan materi dan menjawab seluruh pertanyaan peserta, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh Tim Dekanat, dosen, dan tendik Fakultas Tarbiyah IAI Uluwiyah Mojokerto.

Seminar nasional kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua Dwi Indah Nursita, M.Pd. yang memaparkan materi ‘Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0, dan pembicara ketiga Tinuk Suparti, M.Pd., yang membahas materi ‘Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi’.

Penulis: Adri Lundeto