IAIN Manado Gelar Seminar Kewirausahaan: Inspirasi Hari Santri untuk Berkarya dan Berinovasi

iainmanado.official- Dalam rangkan memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2023 IAIN Manado menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema “Meningkatkan Motivasi Menyatakan Inovasi.” Acara ini digelar pada hari Senin, 23 Oktober 2023, di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Manado. Kegiatan Seminar Kewirausahaan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I. Dalam…

By.

min read

iainmanado.official- Dalam rangkan memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2023 IAIN Manado menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema “Meningkatkan Motivasi Menyatakan Inovasi.” Acara ini digelar pada hari Senin, 23 Oktober 2023, di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Manado.

Kegiatan Seminar Kewirausahaan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I. Dalam sambutannya, Dr. Edi Gunawan, M.H.I, menyampaikan bahwa seminar ini akan menghadirkan para pembicara dan narasumber yang akan berbagi wawasan tentang berwirausaha, bagaimana memberdayakan diri di usia muda, berinovasi, dan menciptakan penghasilan sendiri tanpa harus menunggu usia dewasa.

Dalam konteks Program Studi yang ada di FEBI, Dr. Edi Gunawan mengungkapkan bahwa terdapat bantuan modal dari Bank Syariah Indonesia (BSI) bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, baik dalam bidang makanan atau produk lain yang berpotensi menghasilkan keuntungan. BSI bersedia memberikan modal usaha bagi mahasiswa yang memiliki kreativitas dan potensi, serta ingin berkarya dengan usaha mandiri.

Dr. Edi Gunawan juga menekankan bahwa kuliah di program studi yang ada di FEBI tidak hanya bermuara pada pekerjaan di bank, melainkan juga memberikan peluang untuk berkarya dengan usaha sendiri. Semua ini diupayakan agar mahasiswa dapat menghasilkan produk, berinovasi, dan berkarya tanpa melanggar prinsip syariah. Dengan demikian, penghasilan yang diperoleh akan bersifat halal dan sesuai dengan minat dan bakat masing-masing individu.

Narasumber dalam seminar ini adalah tiga orang yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Dwi Agno Ganestra Chaniago (Branch Manager BSI Mantos), Ahmad Sholeh, M.Pd (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara), dan Dr. Syarifuddin, M.Ag (Wakil Dekan III FEBI IAIN Manado) dan Moderator Nur Shadiq Sandimula, M.E.

Acara ini diawali dengan pembacaan doa oleh Farhan Pawewang, S.H. Jumlah peserta seminar dibatasi hingga 75 orang, yang terdiri dari mahasiswa FEBI IAIN Manado.

Seminar Kewirausahaan ini menjadi momen inspiratif bagi para mahasiswa, di mana mereka dapat meraih kesuksesan dan penghasilan yang halal melalui inovasi dan kewirausahaan. (Adm/AF)