IAIN Manado dan Pemkab Boltim Saling Berkolaborasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Wilayah Boltim

iainmanado.official- Rabu, 25 Oktober 2023 IAIN Manado dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Kantor Kabupaten Boltim dan disaksikan oleh sejumlah pejabat penting, seperti Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kesbangpol dan lainnya, bersama jajarannya dari…

By.

min read

iainmanado.official- Rabu, 25 Oktober 2023 IAIN Manado dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Kantor Kabupaten Boltim dan disaksikan oleh sejumlah pejabat penting, seperti Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kesbangpol dan lainnya, bersama jajarannya dari pihak Pemerintah Kabupaten Boltim, dan Para Wakil Rektor IAIN Manado bersama jajarannya.

Turut mendampingi Rektor IAIN Manado dalam penandatanganan ini, Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., Wakil Rektor II, Dr. Salma, M.H.I., Wakil Rektor III, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag., Plt. Kepala Biro AUAK, Mahdi, S.E., M.Si., Direktur Pascasarjana IAIN Manado, Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag, beserta para rombongan lainnya.

MoU ini merupakan kerja sama yang ditujukan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketua Panitia, Yusri D, menjelaskan bahwa salah satu aspek utama kerja sama ini adalah meningkatkan kualitas kompetensi mengajar guru di wilayah Boltim. Penandatanganan MoU dengan IAIN Manado untuk memfasilitasi guru-guru yang masih berstatus SMA/K untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, sementara yang sudah memiliki gelar S1 dapat melanjutkan ke jenjang S2.

Sebelum memulai sambutannya, Rektor I IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi juga menyelipkan sosialisasi Visi Misi Tujuan dan Strategi dari IAIN Manado, adapun Visi IAIN Manado yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang Bermutu Berbasis Masyarakat Multikultural di Asia Tenggara Tahun 2035.” Beliau menjelaskan bahwa ada mahasiswa non muslim yang juga berkuliah di IAIN Manado sesuai dengan Misi yang berbunyi Memelihara khasanah budaya nasional, kearifan lokal, dan kerukunan umat beragama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Boltim. Ia juga menyebutkan bahwa salah satu alumni IAIN Manado, yang saat ini menjadi anggota dewan, Pak Syamsudin, turut hadir dalam acara ini. Rektor Rajafi berharap kerja sama ini akan menjadi tonggak bersejarah, dan IAIN Manado akan terus berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut. Ia juga menekankan bahwa IAIN Manado bukan hanya tempat belajar, tetapi juga rumah bagi semua.

Perjanjian MoA juga ditantangani oleh Pascasarjana IAIN Manado mencakup program perkuliahan yang akan dijalankan oleh Pascasarjana IAIN Manado dan Pemerintah Kabupaten Boltim. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Boltim. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan