Kapus PkM IAIN Manado Hadiri Rapat Koordinasi Nasional PTKIN: Bahas Kuliah Kerja Nyata, Konferensi Internasional, dan Program Pengabdian kepada Masyarakat

iainmanado.official – Dr. Munir Tubagus, M.Cs, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (Pusat PkM) IAIN Manado, menjadi salah satu peserta yang menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Acara berlangsung di Serpong mulai tanggal 14 hingga 15 Desember 2023, dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam…

By.

min read

iainmanado.official – Dr. Munir Tubagus, M.Cs, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (Pusat PkM) IAIN Manado, menjadi salah satu peserta yang menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Acara berlangsung di Serpong mulai tanggal 14 hingga 15 Desember 2023, dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Dirjen PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan ini menjadi wadah untuk membahas berbagai aspek penting dalam pengabdian kepada masyarakat di lingkungan PTKIN. Beberapa topik yang dibahas meliputi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan fokus pada Moderasi Beragama, KKN Internasional, International Conference On University Community Engagement (ICON-UCE), serta Short Course/Workshop Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat dengan berbagai pendekatan seperti PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset-Based Community Development), CBR (Community-Based Research), dan SL (Service Learning), baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, juga dibahas program-program bantuan pengabdian kepada masyarakat, seperti Litapdimas.

 

Rapat Koordinasi Nasional ini diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat PTKIN di seluruh Indonesia. Dengan berbagai topik yang diangkat, diharapkan hasil diskusi dan sharing pengalaman dapat menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di berbagai PTKIN. Dr. Munir Tubagus sebagai perwakilan dari IAIN Manado turut berkontribusi dalam diskusi tersebut, membawa serta inovasi dan pengalaman dari kampusnya untuk dibagikan dan diperbincangkan bersama.

Tinggalkan Balasan