Warek I IAIN Manado Buka Kegiatan “Sulut Menulis Akrostik”

iainmanado.official- Agen Literasi Indonesia yang merupakan Komunitas Belajar: Platform Merdeka Mengajar (PMM) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado, pada Rabu (20/12/2023) secara kolaboratif menyelenggarakan kegiatan Sulawesi Utara Menulis Akrostik bertajuk “Simfoni Toleransi: Melodi Damai di Pelukan Keberagaman”. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Teater Lt. 4 Gedung Fakultas Syariah IAIN…

By.

min read

iainmanado.official- Agen Literasi Indonesia yang merupakan Komunitas Belajar: Platform Merdeka Mengajar (PMM) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado, pada Rabu (20/12/2023) secara kolaboratif menyelenggarakan kegiatan Sulawesi Utara Menulis Akrostik bertajuk “Simfoni Toleransi: Melodi Damai di Pelukan Keberagaman”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Teater Lt. 4 Gedung Fakultas Syariah IAIN Manado itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., mewakili Rektor IAIN Manado. Dalam sambutannya, Warek I mengapresiasi kegiatan kerja sama yang dilakukan Agen Literasi Indonesia kerja sama LP2M IAIN Manado menggagas kegiatan yang sangat penting terkait dengan peningkatan literasi khususnya literasi menulis. Terlebih lagi bagi guru yang menjadi peserta kegiatan ini memang dituntut untuk menulis sebagai bagian dari pengembangan profesi keguruan. “Kerja sama dengan LP2M ini memang sudah tepat karena secara kelembagaan memang LP2M mempunyai tugas utama melaksanakan dan mengembangkan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah, dimana LP2M juga mengelola lembaga penerbitan melalui IAIN Manado Press”, ungkap Warek I.

Sementara itu, Kakanwil Kementerian Agama Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kabid Bimas Islam, Rikson Hasanati, S.Ag., M.Pd., mengungkapkan akan memberi dukungan terhadap kegiatan Agen Literasi Indonesia karena hal ini relevan dengan upaya peningkatan kualitas profesionalisme guru. “Oleh karenanya, Kementerian Agama menyampaikan himbauan kepada seluruh guru di lingkup Kementerian Agama Sulawesi Utara untuk mengikuti kegiatan pada hari ini”, ungkapnya.

Kepada Agen Literasi Indonesia, Rikson Hasanati juga menyampaikan bahwa ke depan, pihaknya terbuka untuk kerja sama lanjutan untuk program pengembangan guru khususnya di bidang literasi menulis.

Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd., yang juga turut memberikan sambutan melaporkan bahwa kerja sama dengan Agen Literasi Indonesia yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari upaya LP2M menjalin kemitraan dengan berbagai pihak termasuk komunitas literasi.

Kusnan, S.Pd., M.Hum., ketua sekaligus founder Agen Literasi Indonesia menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan kesediaan bekerja sama dengan IAIN Manado melalui LP2M sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Secara khusus, Kusnan juga mengapresiasi dukungan dan komitmen Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Utara terhadap upaya penguatan literasi. “Kegiatan hari ini akan melahirkan buku karya para peserta kegiatan karena kegiatan ini memang didesain untuk melahirkan tulisan sebagai topik utama kegiatan Sulawesi Utara Menulis Akrostik”, jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini diikuti oleh sejumlah guru madrasah dan sekolah dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Kontributor: Ketua LPPM

Tinggalkan Balasan