,

Apel Pagi pekan Pertama Februari: IAIN Manado Siapkan Diri untuk Lebih Berkualitas

iainmanado.official- IAIN Manado menggelar Apel Pagi dengan pembina Apel Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Mutmainah, M.Pd pada Senin (05/02/2024) di halaman Rektorat. Dalam apel tersebut, Dr. Mutmainah mengumumkan bahwa pada Senin depan, IAIN Manado akan menjadi tuan rumah kegiatan penting yaitu kedatangan tamu Direktur BAN PT beserta Sekretarisnya akan hadir dalam acara tersebut, yang…

By.

min read

iainmanado.official- IAIN Manado menggelar Apel Pagi dengan pembina Apel Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Mutmainah, M.Pd pada Senin (05/02/2024) di halaman Rektorat. Dalam apel tersebut, Dr. Mutmainah mengumumkan bahwa pada Senin depan, IAIN Manado akan menjadi tuan rumah kegiatan penting yaitu kedatangan tamu Direktur BAN PT beserta Sekretarisnya akan hadir dalam acara tersebut, yang juga diikuti oleh tiga Perguruan Tinggi (PT) Ternate, Gorontalo dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN). Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkuat akreditasi seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 53 Tahun 2023 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang berdampak pada BAN PT mengeluarkan edaran akan adanya instrumen akreditasi akan adanya instrumen akreditasi baru yang akan diberlakukan pada tanggal 18 Agustus 2025. Jadi bagi program studi yang akan mengajukan borang dengan menggunakan instrumen lama batas pengajuan sampai tanggal 31 Desember 2024.

Dr. Mutmainah menjelaskan bahwa persiapan akreditasi sangat penting, terutama karena akan ada instrumen baru yang akan digunakan pada tahun depan. Sebanyak 11 program studi di IAIN Manado akan menjalani proses reakreditasi pada tahun ini jadi akan ada panen borang dan bersiap menggunakan instrumen baru akreditasi.

Selain itu, Dr. Mutmainah mengingatkan bahwa akan ada momen yang membutuhkan tenaga ekstra untuk akreditasi perguruan tinggi, pada 16 Februari 2024 borang APT IAIN Manado akan disubmit jadi kita mempersiapkan segala hal terkait visitasi nanti yang kemungkinan jika dipercepat bisa Maret atau April mendatang. Ia memohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan visitasi. Dr. Mutmainah menegaskan bahwa IAIN Manado telah menandatangani kontrak unggul, dan optimisme mendapatkan hasil unggul serta kerjasama yang baik sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang positif.

Dalam apel tersebut, Dr. Mutmainah juga menyampaikan bahwa akreditasi bukan hanya tanggung jawab LPM, melainkan milik seluruh civitas akademika IAIN Manado. Terlihat para Wakil Rektor, Plt. Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUAK), para Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), serta pegawai baik ASN maupun non-ASN turut hadir dalam apel tersebut.

Tak hanya di tingkat institusi, Apel serupa juga dilaksanakan di masing-masing Fakultas dan Pascasarjana IAIN Manado. Semua pihak diharapkan dapat bersinergi untuk menjadikan IAIN Manado sebagai Perguruan Tinggi yang bermutu dan bersertifikasi internasional (ISO). Pekan depan, IAIN Manado juga akan menghadapi  pelaksanaan pekan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh LPM IAIN Manado. Semoga semua upaya ini dapat membawa IAIN Manado menuju keunggulan dan kualitas yang lebih baik. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan