Kakanwil Kemenag Sulut Dukung Langkah IAIN Manado dalam Sosialisasi PMB: Menyongsong Masa Depan Pendidikan yang Lebih Unggul

iainmanado.official-Pada Senin, 12 Februari 2024, Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara, Sarbin Sehe, M.Pd.I, memberikan dukungan penuh terhadap sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Manado dengan menggelar kegiatan sosialisasi secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Acara dimulai dengan laporan dari Kabid Pendis, Pak Ahmad Sholeh, M.Pd, yang menyampaikan data jumlah siswa MA baik Swasta…

By.

min read

iainmanado.official-Pada Senin, 12 Februari 2024, Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara, Sarbin Sehe, M.Pd.I, memberikan dukungan penuh terhadap sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Manado dengan menggelar kegiatan sosialisasi secara virtual melalui platform Zoom Meeting.

Acara dimulai dengan laporan dari Kabid Pendis, Pak Ahmad Sholeh, M.Pd, yang menyampaikan data jumlah siswa MA baik Swasta maupun Negeri sebanyak 1962 siswa menurut sumber data EMIS Madrasah dan PDUM di bawah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara.

Peserta sosialisasi merupakan kepala Madrasah Aliyah dari berbagai Madrasah baik swasta maupun negeri di wilayah Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut, Sarbin Sehe, M.Pd.I, menekankan pentingnya responsivitas Madrasah Aliyah (MA) di bawah Kemenag Sulut dalam menyambut PMB dari IAIN Manado. Beliau juga mengundang langsung Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, Rektor IAIN Manado untuk mensosialisasikan secara langsung PMB IAIN Manado kepada peserta.

Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, Rektor IAIN Manado, memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan perkembangan terkini IAIN Manado. Diantaranya, IAIN Manado telah memiliki 6 Profesor, 5 Program Studi unggul, serta telah proses submit pembukaan Program Doktor (S3). Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa bulan lalu IAIN Manado mendapatkan izin untuk membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Keagamaan, dengan harapan agar guru atau pendidik di wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara dapat mengikuti pendidikan bagi sertifikasi guru di IAIN Manado.

Beliau juga memaparkan tentang berbagai beasiswa yang tersedia di IAIN Manado, termasuk Beasiswa KIP Kuliah, YBM PLN, serta beasiswa untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Syariah (FASYA) yaitu beasiswa BI.

Selain itu, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, juga menyoroti pentingnya dukungan dari sekolah-sekolah dalam merespons PMB dari PTKIN di sekitar. Beliau menyampaikan bahwa IAIN Manado telah berkomitmen untuk menuju akreditasi unggul dan menghapuskan hambatan-hambatan yang ada dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Jalur PMB di IAIN Manado ada tiga yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan UM-Mandiri.

Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, juga mengenalkan berbagai fakultas dan program studi yang ada di IAIN Manado serta merekomendasikan masuk asrama atau Ma’had Al-Jamiah IAIN Manado bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah yang jauh dari IAIN Manado. Di akhir sesi sosialisasi dibuka tanya jawab dari peserta kepada narasumber. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan