Lintas Iman Bersatu: IAIN Manado dan SMAN 1 Likupang Gelar Kegiatan Moderasi Beragama Pererat Kerukunan

iainmanado.official-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Likupang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan moderasi beragama dengan tujuan mempererat kerukunan antaragama. Acara yang berlangsung di Aula Rektorat IAIN Manado ini dihadiri oleh para siswa dan mahasiswa dari kedua institusi pada hari Selasa, 27 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta memahami…

By.

min read

iainmanado.official-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Likupang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan moderasi beragama dengan tujuan mempererat kerukunan antaragama. Acara yang berlangsung di Aula Rektorat IAIN Manado ini dihadiri oleh para siswa dan mahasiswa dari kedua institusi pada hari Selasa, 27 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta memahami dan menghargai perbedaan-perbedaan dalam beragama serta belajar bersama tentang toleransi dan saling menghormati antaragama. Berbagai diskusi dan kegiatan dialog lintas agama turut diselenggarakan guna memperdalam pemahaman akan nilai-nilai keberagaman dan persatuan.

Nampak mendampingi Dr. Edi Gunawan, M.Hi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Manado, dalam acara ini yaitu Prof. Dr. Nasrudin Yusuf, M.Ag, Perwakilan dari Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado, Rafiud ilmudinulloh, M.Pd dan Rahman Mantu, M.Hum dan beberapa dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD).

Dr. Edi Gunawan dalam sambutannya menyatakan pentingnya menjaga kerukunan antaragama dalam membangun masyarakat yang harmonis dan damai.

“Moderasi beragama menjadi kunci penting dalam mewujudkan kehidupan yang toleran dan rukun antarumat beragama di tengah-tengah masyarakat yang beragam,” ujar Dr. Edi Gunawan.

Sementara itu, perwakilan dari SMA Negeri 1 Likupang , Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Meyske Masing, S.Pd menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan yang hangat dari IAIN Manado dan mengapresiasi inisiatif bersama ini. Nampak mendampingi Wakil Kepala Sekolah yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, Fathum Ibrahim, M.Pd.

“Kami merasa sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap program-program moderasi beragama seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk membuka wawasan bagi para siswa dan masyarakat luas tentang pentingnya toleransi dan kerukunan antarumat beragama,” ujar perwakilan SMA Negeri 1 Likupang.

Kegiatan moderasi beragama ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam menggalang kerjasama lintas agama untuk mewujudkan kehidupan beragama yang toleran dan harmonis di Sulawesi Utara.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan