Reza Adeputra Tohis Serahkan Buku tentang Pemikiran Islam Tan Malaka kepada Rektor IAIN Manado

iainmanado.official- Dosen IAIN Manado, Reza Adeputra Tohis, M.Ag, menyerahkan bukunya yang berjudul “Progressive Islam: A Social Study of Tan Malaka’s Islamic Thought” kepada Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Penyerahan buku berlangsung di ruang rektor pada Senin, 10 Juni 2024. Buku ini merupakan cetakan pertama tahun 2024 yang diterbitkan oleh Ethics International Press…

By.

min read

iainmanado.official- Dosen IAIN Manado, Reza Adeputra Tohis, M.Ag, menyerahkan bukunya yang berjudul “Progressive Islam: A Social Study of Tan Malaka’s Islamic Thought” kepada Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI. Penyerahan buku berlangsung di ruang rektor pada Senin, 10 Juni 2024. Buku ini merupakan cetakan pertama tahun 2024 yang diterbitkan oleh Ethics International Press Ltd, UK.

Buku yang ditulis oleh Reza Adeputra Tohis ini mengangkat kajian tentang pemikiran Tan Malaka, tokoh yang dianggap kontroversial di Indonesia karena pandangan Islamnya yang progresif serta hubungannya dengan komunisme. Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, memberikan kata pengantar untuk buku tersebut.

Dalam kata pengantarnya, Prof. Dr. Ahmad Rajafi menyebutkan bahwa buku ini adalah karya yang penuh dengan keberanian intelektual dan orisinalitas. “Buku ini adalah karya yang penuh dengan keberanian intelektual dan orisinalitas. Dikatakan demikian karena objek kajian buku ini adalah pemikiran seorang tokoh yang dipandang kontroversial di Indonesia. Tan Malaka adalah seorang Muslim yang merangkul komunisme. Komunisme dan variannya telah dilarang menyebar di negara ini sejak Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) Republik Indonesia nomor 25 tahun 1966. Maka, bagi sebagian besar masyarakat, komunisme dianggap tidak bertuhan. Namun, melalui buku ini, penulis menunjukkan secara ilmiah bahwa Tan Malaka memiliki pemikiran Islam yang progresif, yang sangat relevan dan diperlukan untuk menjawab permasalahan sosial keagamaan masyarakat Muslim kontemporer. Ini adalah keberanian intelektual seorang Reza.”

Rektor IAIN Manado juga menyampaikan dukungannya terhadap langkah maju setiap pegawai, baik dosen maupun tenaga kependidikan di IAIN Manado. “Rektor IAIN Manado selalu mendukung langkah maju setiap pegawai baik dosen maupun tendik di IAIN Manado untuk selalu melangkah maju seperti Reza Adeputra Tohis,” tangkasnya

Penyerahan buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kajian pemikiran Islam di Indonesia dan membuka wawasan baru bagi para akademisi serta masyarakat luas tentang relevansi pemikiran progresif Tan Malaka dalam konteks sosial keagamaan masa kini. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan