Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aplikasi Database di IAIN Manado: Meningkatkan Kompetensi Administratif Kampus

iainmanado.official-Dalam upaya terus meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan data, Rektor IAIN Manado yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II IAIN Manado, Dr. Salma, M.H.I, secara resmi membuka kegiatan bimbingan teknis tentang pengelolaan aplikasi database di IAIN Manado. Acara ini diadakan di ruang tamu Gedung Terpadu pada hari Kamis 13 Juni 2024, dengan dihadiri…

By.

min read

iainmanado.official-Dalam upaya terus meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan data, Rektor IAIN Manado yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II IAIN Manado, Dr. Salma, M.H.I, secara resmi membuka kegiatan bimbingan teknis tentang pengelolaan aplikasi database di IAIN Manado. Acara ini diadakan di ruang tamu Gedung Terpadu pada hari Kamis 13 Juni 2024, dengan dihadiri oleh staf administrasi dari berbagai unit di lingkungan IAIN Manado .

Dalam sambutannya, Dr. Salma, M.H.I, menyampaikan pentingnya penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan data di lingkungan IAIN Manado. “Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat infrastruktur informasi kampus kita. Dengan pengelolaan aplikasi database yang efektif, kita dapat meningkatkan produktivitas dalam proses administrasi”, ujarnya.

Para peserta bimbingan teknis diajak untuk memperdalam pemahaman mereka tentang konsep dasar dan praktik terbaik dalam pengelolaan aplikasi database. Materi yang disampaikan meliputi perancangan database, implementasi sistem, pemeliharaan, dan strategi keamanan data.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap para staf administrasi Fakultas dapat menguasai teknologi terkini dalam pengelolaan data, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik, dan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT TIPD ini mari kita sama-sama membantu TIPD untuk bisa mengembangkan IAIN lebih maju kedepan dan kita berharap ini bermanfaat untuk kita semua, mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah kita semua,” tambah Dr. Salma.

Peserta bimbingan teknis juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para ahli teknologi informasi dari UPT TIPD yang menjadi narasumber acara. Mereka dapat bertanya mengenai permasalahan konkret yang mereka hadapi dalam pengelolaan aplikasi database di unit masing-masing seperti pengurusan Surat Keputusan, Surat MoU, Jadwal Mata Kuliah Mahasiswa, dan lain-lain.

Kegiatan bimbingan teknis ini menjadi salah satu upaya kampus dalam memastikan bahwa tenaga administrasi memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjawab tantangan dalam pengelolaan data yang semakin kompleks. Diharapkan, hasil dari kegiatan ini akan terlihat dalam peningkatan efisiensi dan kualitas layanan administratif di IAIN Manado.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan