Ujian SSE UM-PTKIN 2024 Dibuka oleh Menteri Agama RI: IAIN Manado Siap Sambut Generasi Baru

iainmanado.official- Pembukaan Ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024 secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas. Acara pembukaan yang dilaksanakan via Zoom Meeting pada Senin, 24 Juni 2024, ini dihadiri oleh Rektor dan Panitia lokal (Panlok) dari seluruh PTKIN se-Indonesia. Dalam sambutannya, Menteri Agama…

By.

min read

iainmanado.official- Pembukaan Ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024 secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas. Acara pembukaan yang dilaksanakan via Zoom Meeting pada Senin, 24 Juni 2024, ini dihadiri oleh Rektor dan Panitia lokal (Panlok) dari seluruh PTKIN se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Agama menekankan pentingnya promosi dan branding kampus yang mengikuti tren dunia anak-anak sekarang, terutama melalui media sosial. Beliau juga menyampaikan bahwa beasiswa untuk tahun ini tidak ada, namun tetap berharap agar masing-masing PTKIN dapat memaksimalkan upaya mereka dalam menarik minat calon mahasiswa.

“Setiap PTKIN harus membentuk tim untuk membranding kampusnya, karena anak-anak kita saat ini mendapatkan informasi kebanyakan dari media sosial,” ujar H. Yaqut Cholil Qoumas.

Gus Men, sapaan akrab Menteri Agama, menyapa beberapa PTKIN, termasuk STAIN Bengkalis, IAIN Kendari, dan UIN Khas Jember. Dari IAIN Manado, nampak hadir Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI., para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, dan Panlok IAIN Manado.

Peserta ujian dari berbagai daerah di Sulawesi Utara telah berkumpul di kampus IAIN Manado sejak pagi hari. Dalam arahannya, Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., mengajak semua peserta untuk berdoa bersama agar ujian berjalan lancar dan semua peserta dapat lulus.

“Mari kita berdoa bersama-sama agar supaya kita bisa melalui Seleksi UM-PTKIN dan bisa lulus menjadi mahasiswa di IAIN Manado. Kami selaku pengelola dan juga para pimpinan di IAIN Manado berharap kalian semua bisa lulus. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik sampai hari terakhir seleksi dan tidak ada kendala. Yang paling penting, angkatan tahun ini akan menjadi angkatan pertama yang lulus di IAIN Manado yang telah terakreditasi unggul,” ungkap Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I.

Ujian SSE UM-PTKIN di IAIN Manado akan berlangsung dari tanggal 24 Juni 2024 hingga 30 Juni 2024, dengan total 20 sesi dan 307 peserta ujian setiap hari. Setiap hari akan ada tiga sesi, dengan masing-masing sesi terdiri dari 16 hingga 26 peserta.

Wakil Rektor I IAIN Manado, Dr. Edi Gunawan, M.HI, menyampaikan bahwa jumlah pendaftar tahun ini meningkat 28% dibandingkan tahun sebelumnya, dari 247 pendaftar menjadi 307 pendaftar.

Para calon mahasiswa dan orang tua mereka yang megantar anaknya untuk mengikuti Ujian SSE menyambut proses ini dengan harapan tinggi akan masa depan pendidikan dan karir mereka di IAIN Manado. Kegiatan ujian ini menjadi momentum penting bagi mereka untuk menunjukkan potensi akademik dan keislaman yang dimiliki.

Dengan demikian, IAIN Manado siap menyambut generasi baru yang berkomitmen dalam mengejar ilmu dan pengembangan diri melalui pendidikan tinggi di institusi ini. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan