PBAK IAIN Manado 2024: Pemahaman Layanan Akademik, Perpustakaan, UPB, dan Ma’had

iainmanado.official-Hari pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado berlanjut dengan sesi ketiga yang memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa baru terkait layanan akademik, perpustakaan, Unit Pelaksana Bahasa (UPB), dan Ma’had. Sesi ini dipandu oleh moderator Muhammad Kamil Jafar N., M.Si, dengan narasumber dari masing-masing bidang. (24/08)     Suminarti, S.I.P., dari Perpustakaan IAIN…

By.

min read

iainmanado.official-Hari pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado berlanjut dengan sesi ketiga yang memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa baru terkait layanan akademik, perpustakaan, Unit Pelaksana Bahasa (UPB), dan Ma’had. Sesi ini dipandu oleh moderator Muhammad Kamil Jafar N., M.Si, dengan narasumber dari masing-masing bidang. (24/08)

 

 

Suminarti, S.I.P., dari Perpustakaan IAIN Manado, memaparkan berbagai layanan perpustakaan yang tersedia. Mulai dari cara pembuatan kartu perpustakaan, tata letak gedung perpustakaan, hingga prosedur peminjaman buku. Informasi ini diharapkan dapat memudahkan mahasiswa baru dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan selama masa studi mereka.

Dr. Husni Mubarak, M.P.d.I., dari UPB, menjelaskan berbagai layanan bahasa yang ditawarkan oleh UPB, termasuk pelaksanaan tes TOEFL dan TOAFL. Selain itu, beliau juga menyampaikan bimbingan bagi mahasiswa yang ingin meraih beasiswa, memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan.

Narasumber dari Ma’had, Dr. Ikmal, M.Pd.I., menjelaskan bahwa program Ma’had wajib diikuti oleh mahasiswa penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar). Fasilitas pembelajaran di Ma’had mencakup bimbingan bahasa, public speaking, ceramah, tahfidz, dan lain-lain. Dr. Ikmal juga menambahkan bahwa kondisi Ma’had di IAIN Manado dirancang dengan kenyamanan yang menyerupai hotel, memberikan suasana belajar yang kondusif bagi para mahasiswa.

Tak ketinggalan, pemaparan dari bagian Akademik yang disampaikan oleh Mahdi, SE., M.Si., bersama Andi Yafie, S.Pd.I. Mereka menjelaskan berbagai prosedur akademik yang perlu dipahami oleh mahasiswa baru, dari pengurusan administrasi hingga pelayanan akademik lainnya yang dapat mendukung kesuksesan studi mahasiswa di IAIN Manado.

Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab interaktif dan nampak mahasiswa baru antusiasme karena mendapatkan gambaran umum mengenai berbagai layanan penting yang akan mereka gunakan selama menempuh pendidikan di IAIN Manado. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan