PBAK IAIN Manado Hari Pertama: Menggali Moderasi Beragama Bersama Dr. Abdul Basir, M.Pd.I

iainmanado.official- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado resmi dimulai hari ini, 24 Agustus 2024 di Aula IAIN Manado dengan penuh semangat dari para mahasiswa baru. Acara ini menghadirkan narasumber utama Dr. Abdul Basir, M.Pd.I, Kasubtim Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, yang menyampaikan materi penting tentang Moderasi Beragama. Sesi ini dimoderatori oleh Dr. Mardan Umar,…

By.

min read

iainmanado.official- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Manado resmi dimulai hari ini, 24 Agustus 2024 di Aula IAIN Manado dengan penuh semangat dari para mahasiswa baru. Acara ini menghadirkan narasumber utama Dr. Abdul Basir, M.Pd.I, Kasubtim Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, yang menyampaikan materi penting tentang Moderasi Beragama. Sesi ini dimoderatori oleh Dr. Mardan Umar, M.Pd.

Mengawali materi, Dr. Abdul Basir melakukan sesi interaktif dengan para mahasiswa baru, meminta pendapat mereka terkait moderasi beragama. Respon yang diterima sangat antusias, menunjukkan semangat dan pengetahuan mahasiswa baru yang ingin mendalami isu-isu penting terkait moderasi beragama.

Dalam penyampaiannya, Dr. Abdul Basir menekankan pentingnya mahasiswa untuk tidak hanya profesional dalam akademik, tetapi juga memiliki keterampilan sosial yang baik. “Mahasiswa harus profesional, sosialnya juga harus bagus,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dr. Abdul Basir menjelaskan konsep moderasi beragama yang tidak berpihak secara ekstrem ke kanan maupun ke kiri, sering disebut sebagai sikap tawasuth, tawazun, dan ta’adul. “Kita sebagai mahasiswa harus memiliki rasa toleransi yang mencerminkan moderasi beragama,” ujarnya, mengingatkan pentingnya keseimbangan dalam bersikap dan berpikir.

Kegiatan PBAK hari pertama ini ditutup dengan rasa optimisme dan semangat yang tinggi dari para mahasiswa baru IAIN Manado, yang siap untuk menjalani perjalanan akademik mereka dengan semangat moderasi dan toleransi. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan