Sosialisasi Ormawa PBAK IAIN Manado Ditutup dengan Pembacaan Sumpah Mahasiswa

iainmanado.official- Pada hari kedua rangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di IAIN Manado, berlangsung sosialisasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang digelar di Aula IAIN Manado. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan program kerja berbagai organisasi mahasiswa kepada para mahasiswa baru. Acara sosialisasi ini dipandu oleh Cantika Mokodompit, perwakilan dari panitia divisi acara. Presiden Mahasiswa…

By.

min read

iainmanado.official- Pada hari kedua rangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di IAIN Manado, berlangsung sosialisasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang digelar di Aula IAIN Manado. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan program kerja berbagai organisasi mahasiswa kepada para mahasiswa baru. Acara sosialisasi ini dipandu oleh Cantika Mokodompit, perwakilan dari panitia divisi acara.

Presiden Mahasiswa IAIN Manado mengambil peran sebagai MC dalam acara ini, memastikan jalannya kegiatan berlangsung lancar. Berbagai organisasi mahasiswa di tingkat Institut dan Fakultas turut serta memberikan penjelasan kepada para peserta. Usman Patamani, Presiden Mahasiswa Dewan Mahasiswa Institut, membuka sesi dengan memaparkan fungsi dan program kerja dari Dewan Mahasiswa Institut (DEMA-I). Selanjutnya, perwakilan dari Dewan Mahasiswa Fakultas menyampaikan informasi terkait organisasi mereka masing-masing. Firmansyah dari FTIK, Alya Satini dari FEBI, Zakwan Kadir dari FUAD, dan Wahid Gobel dari FASYA secara bergantian menjelaskan peran DEMA di tingkat fakultas.

Tak hanya DEMA, perwakilan dari Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) juga hadir untuk memberikan pemaparan. Damar Pontoh menyampaikan fungsi dan tugas dari SEMA-I, sementara perwakilan SEMA dari masing-masing Fakultas turut memberikan informasi. Chantika Mokodompit dari FTIK, Zufar Toaana dari FASYA, Tirsa Bokingu dari FEBI, dan Evendi Buntuan dari FUAD memperkenalkan peran SEMA di fakultas mereka masing-masing.

Selain itu, organisasi lain seperti Koperasi Mahasiswa yang diwakili oleh Anika Tumiwa, Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO), Racana disampaikan oleh Adha Faudzi Talibo dan Annisa Julia Ningsih Sururama, Mapala, dan LPM SUAM yang diwakili oleh Fitraini Hadju juga ikut serta dalam sosialisasi ini, memperkenalkan berbagai kegiatan yang mereka lakukan untuk mendukung pengembangan minat dan bakat mahasiswa.

Dalam sosialisasi ini, Dewan Mahasiswa (DEMA) menekankan pentingnya memahami fungsi organisasi mahasiswa dan program kerja yang mereka tawarkan, sementara Senat Mahasiswa (SEMA) menjelaskan fungsi lembaga-lembaga mereka dalam mendukung kebijakan akademik dan non-akademik.

Acara ini ditutup dengan pembacaan sumpah mahasiswa yang dilakukan di depan Rektorat IAIN Manado, sebagai simbol komitmen mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan akademik dan organisasi di kampus. Sumpah ini diharapkan dapat menanamkan semangat dan integritas dalam diri para mahasiswa baru dalam berproses di lingkungan akademik yang baru. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan