Grand Opening Koperasi Jasa Syariah Tanmawiyyah: Langkah Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado Menuju Ekonomi Berbasis Syariah

iainmanado.official- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado gelar peluncuran Koperasi Jasa Syariah yang diberi nama “Tanmawiyyah” pada hari Kamis, 29 Agustus 2024. Acara launching ini berlangsung di Ruang Koperasi Jasa Syariah Tanmawiyyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan dihadiri oleh sejumlah pejabat di Lingkungan IAIN Manado, Rektor, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Ekonomi dan…

By.

min read

iainmanado.official- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado gelar peluncuran Koperasi Jasa Syariah yang diberi nama “Tanmawiyyah” pada hari Kamis, 29 Agustus 2024. Acara launching ini berlangsung di Ruang Koperasi Jasa Syariah Tanmawiyyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan dihadiri oleh sejumlah pejabat di Lingkungan IAIN Manado, Rektor, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, para Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta tamu undangan dari Bidang Koperasi Inspektorat Kota Manado.

Koperasi Jasa Syariah Tanmawiyyah hadir sebagai wujud komitmen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado untuk mempromosikan prinsip-prinsip ekonomi syariah serta memberikan manfaat ekonomi yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam. Nama “Tanmawiyyah” sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti “kemakmuran”, mencerminkan harapan koperasi ini untuk membawa kesejahteraan kepada seluruh anggota dan masyarakat sekitar.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Radlyah Hasan Jan, M.Si, menyampaikan rasa terima kasih kepada rektor IAIN Manado yang telah mendukung penuh koperasi ini dan beberapa hal terkait koperasi yang diluncurkan sebagai wadah untuk membangun solidaritas, inovasi, kontribusi, dan juga menjadi semangat gotong royong, serta merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa, ” kami berharap koperasi ini juga menjadi sarana pembelajaran praktis bagi mahasiswa yang di mana bisa mempraktekkan ilmu-ilmu ekonomi syariah yang telah dipelajari di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”, tangkasnya

Perwakilan dari sekretaris Inspektorat Kota Manado, Royke Senduk, S.H., M.M menyampaikan tentang pembukaan Koperasi Tanmawiyyah diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, khususnya dalam hal peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi dan anggota dapat memperoleh akses yang lebih baik terhadap produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, serta terlibat langsung dalam aktivitas ekonomi yang etis dan berkelanjutan.
Koperasi Tanmawiyyah akan menyediakan berbagai layanan dan produk keuangan syariah, termasuk pinjaman tanpa bunga, investasi berbasis syariah, serta produk keuangan lainnya yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Koperasi ini juga dirancang untuk menjadi laboratorium praktikum bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I, dalam hal ini memberikan sambutan dan meresmikan langsung koperasi jasa syariah, ” saya mengapresiasi dan berharap kemanfaatan dari koperasi ini bisa berefek bagi mahasiswa mulai dari media praktek keilmuan dalam ekonomi syariah dan mahasiswa juga bisa mendapatkan beasiswa dari pemberdayaan koperasi ini, dan membangun jiwa-jiwa enterpreneurship bagi mahasiswa di IAIN Manado khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”, jelas Prof. Dr. Ahmad Rajafi.

Koperasi Jasa Syariah Tanmawiyyah juga sudah membuka pendaftaran anggota dan menyediakan informasi melalui website resmi dan media sosial Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Koperasi Tanmawiyyah diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan koperasi syariah lainnya di Kota Manado, serta mendukung visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado untuk menciptakan ekonomi yang lebih adil dan berkelanjutan.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan