Audit Mutu Internal Siklus V di Biro AUAK Institut Agama Islam Negeri Manado: Langkah Strategis Meningkatkan Kualitas Layanan

iainmanado.official- Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di Audit oleh oleh Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri Manado dalam Audit Mutu Internal (AMI) Siklus V sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola institusi. AMI siklus V kali ini dilaksanakan di Aula Rektorat…

By.

min read

iainmanado.official- Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado di Audit oleh oleh Lembaga Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Negeri Manado dalam Audit Mutu Internal (AMI) Siklus V sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola institusi. AMI siklus V kali ini dilaksanakan di Aula Rektorat IAIN Manado pada 3 September 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda penting yang secara rutin dilakukan oleh LPM IAIN Manado untuk memastikan seluruh proses operasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Audit Mutu Internal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen akademik, administrasi umum, hingga pelayanan kemahasiswaan. Melalui audit ini, diharapkan dapat diidentifikasi berbagai potensi perbaikan dan pengembangan yang diperlukan agar IAIN Manado terus bergerak menuju standar mutu yang lebih tinggi.

Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan IAIN Manado, Dr. Salma, M.HI., menyatakan bahwa pelaksanaan AMI ini merupakan komitmen nyata institusi dalam menjaga dan meningkatkan mutu layanan kepada mahasiswa dan seluruh stakeholder. “AMI ini adalah momentum untuk evaluasi diri. Kami ingin memastikan bahwa semua layanan yang diberikan oleh Biro AUAK telah memenuhi standar yang diharapkan dan terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Kegiatan audit ini melibatkan tim auditor internal dengan Top Mangement Dr. Arhanuddin, M.Pd.I. (Lead Auditor) dan Dr. Syarifuddin, M.Ag, kemudian Djunaidi Lababa, M.Pd selaku Lead Auditor dan beberapa anggota Tim Ibu Anita Mertosono, M.Si, Bapak Wiradharma Kostradi, S.T, dan Bapak Aris Soleman, M.Psi yang telah dibekali dengan pelatihan khusus untuk melakukan penilaian secara objektif dan mendalam. Hasil dari audit ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan strategis Biro AUAK dalam penyusunan kebijakan ke depan.
Audit Mutu Internal Siklus V ini memiliki tujuan sebagai berikut :
1. Memeriksa kesesuaian atau ketidaksesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan standar ;
2. Memeriksa keefektifan pencapaiabn tujuan mutu yang telah ditentukan;
3. Menemukan akar penyebab dari suatu ketidaksesuaian yang ada;
4. Memfasilitasi teraudit dalam penetapan langkah-langkah peningkatan mutu;
5. Memfasilitasi teraudit memperbaiki sistem mutu;
6. Memenuhi syarat-syarat peraturan/perundangan.
Dengan terlaksananya Audit Mutu Internal Siklus V ini, IAIN Manado menunjukkan komitmen dalam menjaga kualitas dan integritas institusi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berdaya saing di tingkat nasional. Seluruh temuan dan rekomendasi dari audit ini diharapkan dapat diimplementasikan secara efektif, sehingga kualitas layanan di IAIN Manado terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi seluruh civitas akademika.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan