Forum Rektor PTKIN: Strategi Penguatan Kelembagaan dan Akreditasi Menuju Perguruan Tinggi Unggul

iainmanado.official- Dalam upaya memperkuat kelembagaan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Forum Rektor/Ketua PTKIN menggelar rapat Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Dengan tema “Penguatan Kelembagaan melalui Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi”, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari 17 – 19 September 2024. Rapat ini dihadiri oleh seluruh Rektor…

By.

min read

iainmanado.official- Dalam upaya memperkuat kelembagaan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Forum Rektor/Ketua PTKIN menggelar rapat Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Dengan tema “Penguatan Kelembagaan melalui Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi”, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari 17 – 19 September 2024.

Rapat ini dihadiri oleh seluruh Rektor dan Ketua PTKIN se-Indonesia, termasuk Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I. Selain itu, turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T., Direktur Pendidikan Islam (Pendis), Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag., dan Direktur PTKI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.

Salah satu materi penting dalam kegiatan ini disampaikan oleh anggota Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Dr. Slamet Wahyudi, ST., MT., yang mengangkat tema “Penguatan Kelembagaan melalui Peningkatan Akreditasi dan Peningkatan SDM”. Beliau menekankan bahwa peningkatan akreditasi perguruan tinggi harus diiringi dengan penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai pilar utama dalam mencapai akreditasi yang unggul.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., dalam menyampaikan, “Peningkatan akreditasi bukan hanya tentang memenuhi standar administrasi, namun juga tentang menciptakan budaya akademik yang berkualitas dan inovatif. Ini adalah langkah penting bagi IAIN Manado dan seluruh PTKIN dalam membangun reputasi serta kontribusi di kancah nasional dan internasional,”tangkasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan panduan strategis bagi seluruh PTKIN di Indonesia untuk terus berbenah dan menguatkan kelembagaan mereka melalui peningkatan akreditasi, sehingga dapat bersaing secara global dan memberikan dampak positif bagi pendidikan keagamaan di Indonesia. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan