IAIN Manado Tuan Rumah FGD Forum Wakil Rektor I PTKIN:

iainmanado.official-iainmanado.official – IAIN Manado menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berlangsung pada 02-05 Oktober 2024 di Sintesa Peninsula Hotel, Manado. Kegiatan ini merupakan wujud pelunasan janji bahwa ketika Wakil Rektor I diangkat menjadi Rektor, kampus yang bersangkutan akan menjadi tuan rumah…

By.

min read

iainmanado.official-iainmanado.official – IAIN Manado menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berlangsung pada 02-05 Oktober 2024 di Sintesa Peninsula Hotel, Manado. Kegiatan ini merupakan wujud pelunasan janji bahwa ketika Wakil Rektor I diangkat menjadi Rektor, kampus yang bersangkutan akan menjadi tuan rumah pada acara FGD tersebut.

Dalam laporan yang disampaikan oleh ketua panitia, Dr. Edi Gunawan, M.H.I., yang juga merupakan Wakil Rektor I IAIN Manado, beliau menyambut hangat kehadiran seluruh peserta. “Selamat datang di Kota Manado, Bapak/Ibu. Silakan menikmati suasana kota ini,” ujarnya. Dr. Edi juga menyampaikan bahwa total peserta yang hadir berjumlah 35 orang, meskipun beberapa peserta belum dapat hadir karena masih terikat agenda lain.

Ketua Forum Wakil Rektor I, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag., dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menyampaikan bahwa jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang, meskipun ada beberapa yang berhalangan karena agenda lain. Ia juga menyoroti topik yang akan dibahas dalam forum ini, termasuk perubahan nomenklatur program studi (prodi), dan pentingnya memperkuat prodi agama dibandingkan prodi umum. Selain itu, pembahasan mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), studi independen, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) lingkar kampus juga menjadi agenda penting.

Dr. Imam Bukhori, M.Pd., Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis Kementerian Agama RI, yang hadir bersama timnya, menekankan pentingnya evaluasi akademik serta perlunya tim asistensi yang memahami dinamika akademik di PTKIN. “Kami minim SDM, jadi kami butuh tim yang lebih memahami untuk membantu kami,” ungkapnya.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., dalam sambutannya mengajak para peserta FGD untuk menikmati keindahan Kota Manado. Semoga keindahan Kota Manado dapat menjadi inspirasi dalam menemukan solusi dan memperkaya diskusi pada FGD Forum Wakil Rektor I. Beliau juga mendorong PTKIN yang belum mencapai status Unggul dan UIN untuk segera meraihnya, sembari menegaskan visi IAIN Manado sebagai “Community Service University” yang multikultural dan berfokus pada moderasi beragama. Kampus ini juga sedang mempersiapkan visitasi ISO pada akhir November menTamu undangan dari IAIN Manado yang turut hadir dalam acara ini antara lain Wakil Rektor III, Direktur Pascasarjana, para Dekan, para Wakil Dekan I, serta Kepala Unit di lingkungan kampus.

Dengan adanya FGD ini, diharapkan para Wakil Rektor I PTKIN dapat berbagi gagasan dan mencari solusi bersama atas berbagai tantangan akademik yang dihadapi oleh perguruan tinggi keagamaan di Indonesia. (Adm/AF)

Tinggalkan Balasan