Lokalatih Negosiasi Komunitas untuk Kerukunan Umat Beragama di Manado, Didukung PUSAD, IAIN Manado, dan Kementerian Agama

iainmanado.official-iainmanado.official – Dalam upaya memperkuat kerukunan antar umat beragama, sebuah lokalatih Negosiasi Komunitas untuk Kerukunan Umat Beragama” diadakan di Kota Manado, bertempat di Aula Teather Gedung Fakultas Syariah IAIN Manado pada tanggal 02 Oktober 2024. Acara ini melibatkan perwakilan dari berbagai organisasi keagamaan, pemuda, serta lembaga masyarakat. Lokalatih ini diselenggarakan oleh Pusat Studi Agama dan…

By.

min read

iainmanado.official-iainmanado.official – Dalam upaya memperkuat kerukunan antar umat beragama, sebuah lokalatih Negosiasi Komunitas untuk Kerukunan Umat Beragama” diadakan di Kota Manado, bertempat di Aula Teather Gedung Fakultas Syariah IAIN Manado pada tanggal 02 Oktober 2024. Acara ini melibatkan perwakilan dari berbagai organisasi keagamaan, pemuda, serta lembaga masyarakat.

Lokalatih ini diselenggarakan oleh Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina (PUSAD) bekerja sama dengan Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado dan didukung oleh Kementerian Agama Kota Manado dan Pemerintah Kota Manado. Tujuannya adalah untuk membekali peserta dengan keterampilan negosiasi dan komunikasi yang efektif dalam konteks lintas agama.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina (PUSAD), Ihsan Ali-Fauzi, menekankan konflik dalam budaya Indonesia adalah sesuatu yang harus hindari dan menganggap sebagai ketegangan antara pihak satu dengan yang lain, padahal konflik adalah perbedaan dan sesuatu yang natural dan perlu dikelola, dengan Lokalatih yang dilaksanakan ini pentingnya dialog dan kerjasama antar umat beragama untuk menciptakan suasana yang harmonis di tengah masyarakat yang majemuk.

Selain itu, acara ini dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara LPPM IAIN Manado dan PUSAD, yang menegaskan komitmen kedua pihak dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat terkait isu kerukunan beragama.

Lokalatih ini mendapatkan dukungan penuh dari Rektor IAIN Manado, beliau menyampaikan rasa syukur dari kegiatan oleh PUSAD dan Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado yang di mana kegiatan ini selaras dengan tema IAIN Manado yaitu Community Service University dalam konteks Multikulturalisme dan Moderasi Beragama

Acara ini diakhiri dengan pembukaan kegiatan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Hj. Rugaya Udin, M.Pd dan penyerahan Plakat oleh PUSAD kepada IAIN Manado dan komitmen untuk menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan suksesnya lokalatih ini, diharapkan kerukunan umat beragama di Kota Manado semakin terjaga dan diperkuat.

Kontributor: FP

Editor: AF

Tinggalkan Balasan