REKTOR MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI PERENCANAAN DAN KEUANGAN

iainmanado.official- laporan ketua panitia oleh Wakil Rektor II, Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si., perencanaan fungsi dr manajemen yang baik. “Perencanaan mengalami perubahan dengan menyesuaikan pada situasi dan kondisi sesuai di era digital”. Tutur Bu Radliyah Pelaksanaan kegiatan sosialisasi perencanaan dan keuangan bertempat di hotel Mercure, Tateli Minahasa. Adapun waktu pelaksanaannya hari Selasa, 29 November 2022…

By.

min read

iainmanado.official- laporan ketua panitia oleh Wakil Rektor II, Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si., perencanaan fungsi dr manajemen yang baik. “Perencanaan mengalami perubahan dengan menyesuaikan pada situasi dan kondisi sesuai di era digital”. Tutur Bu Radliyah


Pelaksanaan kegiatan sosialisasi perencanaan dan keuangan bertempat di hotel Mercure, Tateli Minahasa. Adapun waktu pelaksanaannya hari Selasa, 29 November 2022 dimulai pukul 08.00 Wita – 17.00 Wita. Sesuai dengan SK Rektor No. 1229 peserta sosialisasi terdiri dari fungsional perencanaan, pelaksana di bidang keuangan, pejabat di lingkungan IAIN Manado. Narasumber terdapat dua orang dari Kemenag RI, Dra. Ida Nur Qosim, M.Pd.I selaku Kabag Perencanaan dan Kerjasama dalam Negeri Biro Perencanaan Sekjen Kemenag RI dan Narasumber ke-2 yaitu Zulpan Syarif S Hasibuan selaku Kasubdit Sarana dan Prasarana Kemahasiswaan Ditjen Pendis Kemenag RI.


Anggaran kegiatan tersebut dari RKKAL IAIN Manado Tahun 2022, kemudian moderator merupakan dosen FEBI Fitri Ayu Niu, M.S.A., ucapan terimakasih kepada Rektor IAIN Manado atas dukungannya, ucapan terimakasih pula kepada panitia pelaksana serta peserta yang berkenan hadir pada kegiatan Sosialisasi Perencanaan dan Keuangan.


Rektor IAIN Manado, Delmus Puneri Salim, Ph.D., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Perencanaan dan Keuangan, kegiatan ini sebagai koordinasi dari IAIN Manado dengan kemenag. IAIN Manado sedang menyiapkan kampus 2 dan berencana memperluas lahan sebesar 10 ha. IAIN Manado berharap bantuan kemenag untuk membayar perluasan kampus 2. Kami memulai terlebuh dahulu dengan membeli tanah secara bertahap, berharap ada pembangunan gedung SBSN, yang telah diajukan gedung FTIK, namun hasil presentasi di Jakarta mendapat saran agar gedung terpadu saja yang menerima pembangunan SBSN untuk kampus 2.

Kegiatan ini untuk mensosialisasikan RKKL yang selalu ada revisi. Perubahan keuangan di serahkan kepada lembaga, namun gaji tidak sepenuhnya pada lembaga. “Contoh jika ada yang SK Profesor TMT 1 November maka Gaji keluar Januari tahun depan. Keuangan kmengajukan namun yang memverifikasi adalah pusat, selain itu seperti serdos yang mendaftar sekarang 9 orang, LPM mengisi data namun yang memutuskan pusat”. Jelas Rektor

Hasil Rakorwas yang dihadiri oleh Rektor dengan SPI untuk pejabat kepala biro itu ada sistem kita diharuskan agar mendownload aplikasi PUSAKA. Aplikasi pelayanan di kemenag melalui digital aplikasi, semakin banyak yang download semakin bagus rating aplikasinya.Terdapat pula Aplikasi data kepegawiaan, sehingga sekarang banyak sentralisai dari pusat, ada pula untuk pengaduan PNS melalui aplikasi. Sehingga sekarang pelayanan itu melalui aplikasi sudah tidak manual lagi. Sejumlah pengajuan alurnya lewat rektor lalu ke pusat pseperti embayaran gaji serdos, lalu harus verifikasi dari pusat.

Pengadaan LCD yang disetujui 12 unit, kebijakan yang saya ambil lebih mementingkan keamanan barang, ada sarpras sekian juta untuk kepentingan fasilitas mahasiswa seperti sarana olahraga, tiang, fasilitas lainnya yang telah terealisasi dan kedepannya kami akan membuat world hambling, guest house jadi ketika ada visiting bahasa Arab maupun Inggrisi, pengajar/tutor dari luar bisa menginap di guest house.

Selanjutnya pada kesempatan ini Rektor menyampaiakan bahwa menurut PMA seluruh ASN harus ikut moderasi beragama meskipun hanya sosialisasi moderasi beragama sebanyak 8 jam. BDK, RMB yang menjadi pelaksana, karena anggaran terbatas tendik dengan dosen digabung. 03 Desember perencanaan pelaksanaan sosialisasi moderasi beragama. Selanjutnya Panitia pemilihan rektor akan ditetapkan bulan Januari, bulan Maret dikirim nama-nama calon rektor, dan 25 April berakhir kepemimpinan Rektor.

“Untuk seminar keprodian merupakan hak mahasiswa jangan dirubah, pelaksanaan seperti seminar biasa offline atau webinar. Hasil pada Rakorwas SPI harus diperkuat, SPI setara dengan wakil Rektor, jangann sampai ada kasus penyimpangan seperti Korupsi atau penyalahgunaan dana. Pencairan Anggaran melalui SPI, jangan melangkahi SPI. SPI merupakan kepanjangan Itjen, SPI untuk memotong pelanggaran yang hendak terjadi, dan perlu diketahui SPI akan didelegasikan langsung dari pusat jika SPI di kampus dianggap tidak bekerja. SPI dilibatkan di perencanaan, SPI harus dioptimalkan, BPK bagian keuangan harus hati-hati. Berharap lebih baik, bukan hanya SPI tapi penjaminan mutu juga dioptimalkan. Akademik yang diperiksa oleh LPM, baik akademik maupun keuangan mengikuti jenjang atau tahapan-tahapannya. Unit-unit harus dioptimalkan”. Tutur Rektor. (Adm/AF)